Perpustakaan Kabupaten Madiun, Kini Mempunyai Gedung Yang Representatif

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Komitmen Pemkab Madiun, Jawa Timur, untuk menumbuhkan minat baca bagi masyarakatnya patut diacungi jempol. Pasalnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun, kini memiliki gedung layanan perpustakaan daerah yang representatif.

Gedung perpustakaan yang cukup modern di Jalan Bali Kelurahan Krajan ini, diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Kaperpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, dan Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, dengan disaksikan Kepala Dinas Perpus dan Kearsipan Kabupaten Madiun, Ir. Eko Yunianto, MSi, yang ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, Rabu 22 Februari 2023, kemarin.

Selanjutnya, Kaperpusnas RI dan Bupati yang didampingi istri Ny. Hj. Penta Lianawati Ahmad, meninjau beberapa fasilitas di gedung perpustakaan. Diantaranya pelatihan, podcast room, kafe kejujuran dan fasilitas pendukung lainnya.

Perpustakaan yang diberi nama Nakula Sadewa ini, seladilengkapi buku baca, juga diperkaya 3000 koleksi digital untuk literasi kesejahteraan. Dengan begitu, masyarakat yang datang tidak hanya sekedar membaca, namun juga bisa menumbuhkan kreatifitas untuk menghasilkan barang dan jasa demi kemandirian.

Bupati Madiun, H. Ahmad Damami, mengatakan. sebagai tahap awal, akan membuat pengunjung nyaman datang ke perpustkaan.

“Kita bersyukur karena pak Kaperpus membantu akses e-book dan koleksi buku lainnya. Nanti ketika sudah siap, para pelajar kita arahkan kesini agar perpustakaan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dan kegiatan ini masuk bagian penilaian. Awalnya agak kita paksa agar menjadi kebiasaan yang baik,” ucap H. Ahmad Dawami.

Sementara itu, Kaperpusnas, Mochamad, menjelaskan, jika paradigma perpustakaan saat ini adalah perpustakaan yang menjangkau masyarakat dalam bentuk transformasi digital.

“Penjabarannya, bagaimana meningkatkan SDM yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, namun juga menguasai inovasi, kreatifitas dan membuka lapangan pekerjaan,” tuturnya.

“Kita patut apresiasi Bupati Madiun. Memang ada yang perlu kita tindaklanjuti menyangkut IT dan meubelair, kita akan bantu melalui DAK tahun berikutnya,” janjinya. (Dibyo).

Ket. Foto: H. Ahmad Dawami (kiri atas), Ir. Eko Yunianto, MSi (kiri bawah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait