Pertubhuhan Ekonomi di Aceh Belum Stabil

  • Whatsapp

ACEH,Beritalima- pertubuhan Ekonomi sejak beberapa tahun ini selalu menurun dan belum Stabil, hal tersebut disampaiakan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Wahyudin pada Konprensi Pers di ruang serbaguna BPS Aceh, Rabu- 01-03-2017.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Aceh dalam lima tahun terakhir selalu di bawah rata-rata pertumbuhan Ekonomi Nasional yakni 5,3 persen. Pertumbuhan ekonomi tahun lalu hanya 3,3 persen, atau naik sedikit setelah sempat minus 0,7 persen. Pada 2013 hanya 2,6 persen dan pada 2014 hanya 1,5 persen.

Proses penggunaan anggaran harus dilihat,ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan dia sepakat dengan catatan Rustam bahwa anggaran Aceh lebih banyak digelontorkan untuk hal-hal konsumtif.

Jika pemerintah daerah mengembangkan sektor pertanian, wisata, dan perikanan yang selama ini terbengkalai, Daerah Aceh saya rasa tidak seperti yang kita lihat sekarang ini, pasti akan lebih maju kalau perikanan dan Wisata dikembangkan lebih baik lagi sertaa pertumbuhan Ekonomi akan berkembang.

Untuk sementara masalah yang sama juga terjadi di sektor perikanan yang seharusnya menjadi primadona Aceh.

Kita mengetahui semua panjang garis pantai di Aceh lebih dari satu kilometer, namun tidak memiliki industri pengolahan ikan. Sebagian besar hasil laut dijual ke Medan. Padahal Aceh memiliki empat pelabuhan berskala internasional.,(Aa79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *