Perum Perhutani Gelar Semarak Ramadhan Berkah 2024 di Pendopo Trenggalek

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Ditengah fluktuasi harga kebutuhan pangan pokok yang belum stabil, Perusahaan Umum (Perum) Perhutani gelar Semarak Ramadhan Berkah 2024 di Pendopo Kabupaten Trenggalek. Kegiatan sosial tersebut, dihadiri pula Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan jajaran KPH Kediri sebagai pemangku kawasan hutan diwilayah Bumi Menak Sopal.

Setidaknya, disediakan 1000 paket kebutuhan pangan pokok bagi masyarakat. Yang ditiap kemasan terdiri dari, 5 kg beras kwalitas premium, 1 kg gula pasir dan 1 lt minyak goreng senilai 140 ribu rupiah. Selain itu, pihak Perhutani yang menggandeng Pemkab Trenggalek juga memberikan fasilitasi kepada para pelaku UMKM lokal untuk menampilkan produk-produk nya. Beberapa stan pun telah disediakan agar bisa digunakan warga.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin atau lebih akrab disapa Gus Ipin itu mengatakan, jika pihaknya mendukung penuh sekaligus mengapresiasi atas inisiasi kegiatan bantuan paket bahan kebutuhan pokok murah dari Perum Perhutani.

“Atas nama Pemkab Trenggalek, kami sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Perum Perhutani atas program bantuan bahan pangan murah ini,” ungkapnya di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Pemkab Trenggalek, Rabu, 27 Maret 2024.

Menurut Gus Ipin, ketika semua stakeholder mau untuk peduli dan bergerak membantu kesulitan masyarakat maka bisa dipastikan beban yang ada mampu terselesaikan. Minimal, mengurangi dampak ikutan setelahnya.

“Semoga dengan upaya nyata teman-teman Perhutani, minimal memberi solusi ditengah situasi perekonomian yang belum stabil seperti sekarang. Kemudian, menjadi motivasi serta pemicu bagi yang lain untuk turut andil membantu masyarakat,” harap Gus Ipin.

Sementara itu, Administratur (Adm) KPH Kediri, Miswanto menambahkan kalau secara substansial agenda ini bertujuan untuk membantu warga khususnya yang berada disekitar kawasan hutan. Ataupun, lapisan masyarakat dengan lokasi didekat pusat Kota Trenggalek.

“Melalui program ini Perum Perhutani turut membantu warga ditengah dinamika perekonomian saat ini, apalagi mendekati Hari Raya Idul Fitri,” sebutnya.

Menurut dia, sasaran utama pembagian kebutuhan pangan pokok dengan harga murah tersebut adalah warga yang memang membutuhkan. Melalui penukaran kupon, nantinya masyarakat mendapatkan paket (bahan kebutuhan pangan) dengan biaya pengganti 70 ribu rupiah. Untuk kupon, sebelumnya telah dibagikan melalui jaringan Perhutani dan LMDH.

“Isi paket kebutuhan pokok nilainya 140 ribu rupiah, sedangkan masyarakat nanti mengganti dengan uang 70 ribu rupiah. Masih ada selisih cukup banyak, sehingga bisa digunakan untuk keperluan lain,” imbuh Miswanto.

Dirinya pun berharap, Semarak Ramadhan Berkah 2024 akan menjadi sarana membantu sesama serta ladang amal bagi keluarga besar Perhutani. Apalagi, ditengah momen Puasa Ramadhan 1445 H yang memang penuh keberkahan.

“Diharapkan, bersamaan dengan momen Puasa Ramadhan kegiatan sosial dari Perhutani ini akan menjadikan manfaat bagi masyarakat serta menjadi sarana ibadah untuk semuanya,” pungkas pria ramah itu. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait