Pilkada Sabu Raijua Digugat ke MK

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com- Pilkada telah usai, bahkan bahkan yang terpilih dan tidak ada gugatan, sudah ada yang dilantik. Namun bagi daerah yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), harus bersabar.

Salah satu daerah yang mengajukan gugatan ke ke MK yakni Kabupaten Sabu Raijua.

Berdasarkan data dari laman resmi MK, perkara pertama diajukan pesaing Orient di Pilkada Sabu Raijua yakni Pasangan Calon Nomor Urut 1 Nikodemus N Rihi Heke dan Yohanis Uly Kale.

beritalima.com

Perkara itu teregistrasi dengan Nomor: 133/PHP.BUP-XIX/2021 dan termohonnya yakni KPU Kabupaten Sabu Raijua.

Sedangkan perkara kedua diajukan oleh Yanuarse Bawa Lomi, atas nama Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Sabu Raijua (Amapedo).

beritalima.com

Serta Marthen Radja dan Herman Lawe Hiku. Perkara tersebut teregistrasi dengan Nomor: 134/PHP.BUP-XIX/ 2021.

Adapun sebenarnya jangka waktu pendaftaran perkara Pilkada 2020 sudah ditutup. MK kini sedang melaksanakan sidang pemeriksaan lanjutan dan pembuktian terhadap beberapa perkara sengketa pilkada.

Sementara itu, Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan, pihaknya tetap menerima berkas permohonan. Menurutnya, secara teknis kepaniteraan MK tidak boleh menolak berkas permohonan.

“Soal penilaian hukum atas permohonan itu, nanti sepenuhnya merupakan kewenangan majelis hakim,” kata Fajar kepada wartawan, Rabu (17/2/2021) lalu.

Terkait sudah lewatnya batas waktu pendaftaran perkara Pilkada 2020, Fajar menegaskan bahwa hal itu menjadi kewenangan majelis hakim yang bisa menilainya.

“Perkara perselisihan hasil pilkada memiliki hukum acara yang berlaku, mengenai tenggang waktu pengajuan permohonan, dan ketentuan lain,” ujar dia. (*).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait