Pilkades Serentak di Halbar Berjalan Aman

  • Whatsapp

 

JAILOLO, beritalima.com- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 70 desa, berlangsung, Selasa (19/7) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), berjalan aman dan lancar.‎

Dalam proses pencoblosan hingga perhitungan di sejumlah desa tersebut. Berlangsung tertib. Kenapa tidak, warga menggunakan hak pilihnya dengan baik. Misalnya, desa Tuada, desa Todowonge, desa Bukumatiti, Desa Bobanehena, Desa Galala, desa Gufasa, Desa Soakonora , Kecamatan Jailolo, pelaksanaannya berlangsung aman.

Warga berbondong-bondong datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya.

Bupati Danny Missy, Kapolres Halbar AKBP Sutoyo dan Dandim 1501 Ternate Letkol (Inf) Subarda, memantau situasi lapangan saat proses pencoblosan dan perhitungan berlangsung. Ketiganya bersama sejumlah pimpinan SKPD memantau dituasi di sejumlah desa hingga sore kemarin.

Memanfaatkan kesemapatan tersebut, Bupati Danny menghimbau, agar warga tetap menjaga kebersamaan. Tidak terpancing pada isu negatif yang sengaja digiring oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Walaupun begitu, Bupati Danny Missy memberikan apresiasi kepada warga untuk menentukan pemimpin desa masing – masing,”tandasnya.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Halbar Asnath Sowo yang juga ikut memantau situasi di lapangan, juga mengapresiasi warga Halbar.

“Kami bangga warga menegakan demokrasi dengan baik. Pilkades ini berjalan sesuai harapan kita semua. Semoga situasi tetap terjaga,”ungkapnya.

Lanjut Asnath, para calon Kepala Desa agar sama – sama menjaga kedamaian di desa masing – masing.

“Jikalau ada terjadi perselisihan maka diharapkan kepada para calon Kepala Desa agar dapat tenang karena penyelesaian mengacu aturan,”pintanya.

Terpisah ketika usai penghitungan suara di Kecamatan Jailolo seperti,‎ di Desa Tuada, calon kepala desa (Kades) nomor urut 3 atas nama Iksan Faruk memperoleh suara terbanyak dengan total 197 suara, sementara calon nomor urut 1 atas nama Anwar Subu memperole 194 suara dan calon nomor urut 2 Riswan Bapo hanya memperoleh 37 suara.

Sedangkan ‎Desa Bobanehena calon kades atas nama Iswan dengan total 445 suara‎, Desa Gufasa calon Kades atas nama Masry M. Bessy memperoleh suara terbanyak dengan total 288 suara, Desa Galala calon kades atas nama Hafid Hi Tain dengan total 325 suara.

Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando saat dikonfirmasi beritalima, mengklaim dalam program 100 hari kerja Bupati dan wakil Bupati juga telah menghasilkan 70 Kepala Desa (Kades) terpilih dalam Pilkades serentak, kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

“Alhamdulilah dari Pilkades serentak di 70 desa berjalan aman dan lancar,”pungkasnya. (ssd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *