PKS Jatim Launching 13 Posko Mudik Buka 24 Jam, Siapkan Pijat Gratis

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Jelang lebaran, PKS melaunching program Posko Mudik Dr Salim di 13 titik yang menyebar di seluruh Jawa Timur, Kamis (28/4/2022). Di Posko tersebut disediakan berbagai fasilitas gratis, termasuk pijat dan dokter jaga untuk para pemudik.

Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan menyebutkan bahwa program ini merupakan bagian dari layanan PKS kepada rakyat saat mudik.

“Mudik adalah tradisi yang menarik, khususnya di negeri yang penduduknya mayoritas muslim seperti di Indonesia ini. Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah perantau, mereka hampir selalu kembali ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara, handai taulan, saat lebaran tiba,” ujar Kang Irwan.

Irwan menuturkan bahwa lebaran tahun ini menurutnya sangat istimewa, Karena pemerintah mengeluarkan kebijakan membolehkan mudik lebaran,
setelah 2 tahun diberlakukan larangan mudik karena adanya pandemi Covid.

Dengan membuka posko mudik, merupakan momentum yang luar biasa membahagiakan bagi masyarakat.

“Menurut data Bu Gubernur, pemudik yang ke Jatim diperkirakan 16,8 juta orang. Sebagiannya akan mampir terminal ini, semoga bisa mampir ke Posko Mudik Dr Salim,” lanjut Kang Irwan.

Irwan menyampaikan kalau Posko Mudik PKS yang digagas secara nasional dari tahun ke tahun, merupakan bagian komitmen bagi Partai dalam melayani masyarakat. Tahun ini Posko Mudik di launching dengan Program Posko Mudik Dr. Salim.

“Kami berusaha hadir di setiap momen. Membantu dan meringankan masyarakat, termasuk di momen lebaran ini. PKS Jatim memberikan pelayanan kepada masyarakat para pemudik Lebaran, dan pengguna jalan lainnya, agar aman, nyaman dan selamat sampai tujuan, sebagai
perwujudan rasa syukur kepada Allah atas kebersamaan menuju Indonesia menang,” tegas Kang Irwan.

Saat Ramadhan, ada program Gerakan Nasional Berbagi 2 Juta Paket Sahur dan Takjil.

“Kini kami hadir menyapa para pemudik di belasan titik di Jawa Timur. Ini adalah bagian dari semangat kolaborasi PKS Jatim dengan berbagai pihak baik pengurus, anggota, anggota DPRD dari PKS juga stake holder lain seperti Dishub Jatim dan jajaran kepolisian daerah Jatim,” sambung anggota DPRD Jatim 2 periode tersebut.

Dalam akhir penyampaiannya, Irwan mengapresiasi relawan PKS Jatim yang berlapang hati merelakan sebagian momen lebarannya untuk membantu masyarakat.

Zainul Arifin, Ketua Posko Mudik Dr Salim DPW Jawa Timur menyampaikan ada 13 titik posko yang dibuka secara bersamaan.
13 titik itu ada di Surabaya, Sidoarjo, Jember, Kota Malang, Madiun, Mojokerto, Ngawi, Tuban, Bangkalan, Tulungagung, Nganjuk dan Kota Probolinggo.

Berbagai layanan Posko Dr Salim itu, ada tempat istirahat yang nyaman, tempat sholat, makan minum gratis, toilet, charging hp gratis, bantuan kedaruratan, info PKS, layanan untuk anak, dan ruang laktasi, bahkan PKS Jatim menyediakan dokter jaga dan terapis pijat dan terapis pengobatan herbal khusus untuk pemudik.

“Ini layanan kami yang ada di Posko Mudik Doktor Salim yang ada di Terminal Bungurasih. Di titik yang lain, mirip, ada beda layanan satu dua, karena keterbatasan SDM,” paparnya.

Posko Mudik Dr Salim ini mulai dibuka hari ini, Kamis 28 April hingga 8 Mei 2022 dan dibuka selama 24 jam.

“Namun tepat di hari raya tanggal 2-3 April, kami izin untuk tidak begitu optimal dalam melayani, karena kami juga mempersilakan para relawan untuk berkumpul dengan keluarganya di hari istimewa ini,” tandas Zainul.

Mohammad Chisqiel yang mewakili Dinas Perhubungan Jatim dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas upaya PKS Jatim yang membuka posko mudik.

“Posko mudik ini membantu pemerintah, apalagi ada layanan pijat gratis dan periksa kesehatan,” jelasnya.

Menurutnya, pemudik memang harus fit, terlebih saat ini kemungkinan besar ada lonjakan jumlah pemudik.

“Karena selain kendaraan, pemudik harus dipastikan fit, demi keselamatan mereka,” pungkasnya.

Selain dari Dinas perhubungan, PKS Jatim juga menggandeng Polda Jatim yang kali ini diwakili oleh Kasubdit Intelkam AKBP Hartono.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait