PLN Kembangkan Maspati Kampung Wisata Tematik Tengah Kota Surabaya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com PT PLN (Persero) dukung berkembangnya kampung wisata di Surabaya, salah satunya dengan meresmikan program desa tematik “Wisata Kampung Tengah Kota Maspati RW 6” di wilayah Kelurahan Bubutan, Surabaya.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari PLN khususnya terkait pembangunan desa yang memiliki konsep agriculture, marine, UMKM dan desa wisata. Acara ini dihadiri Manajer PT PLN (Persero) UP3 Surabaya Utara, Ketua RW Maspati dan masyarakat setempat.

Kampung Lawas Maspati merupakan kampung wisata tengah kota yang berbasis masyarakat. Kampung ini kampung sejarah dan budaya yang mempertahankan kearifan lokal, salah satunya dengan mempertahankan tegur sapa antar masyarakat yang di era globalisasi ini semakin menghilang.

Pengunjung wisata di kampung ini akan disuguhkan dengan berbagai macam jajanan lawas, dolanan lawas dan rumah bersejarah. Selain itu masyarakat di sini juga mensosialisasikan bagaimana kampung ini tetap bersih dan sehat agar bisa dinikmati anak cucu selanjutnya kepada para wisatawan.

“Kampung Lawas Maspati sangat masuk kriteria desa tematik, karena di kampung ini banyak yang disuguhkan seperti penghijauan, ternak lele, UMKM, wisata permainan anak, makam bersejarah,” kata Manajer PLN UP3 Surabaya Utara, Bustani Hadi Wijaya.

Bentuk dukungan PLN untuk Kampung Lawas Maspati sebagai desa tematik ini, yakni berkontribusi dalam pemasangan PJU 20 titik, Lampion 25 titik, Neon Box 3 titik, Pasang Baru di Balai RW 6 (2.200 VA), dan pemberian 8 kompor induksi serta 10 peralatan memasak.

“Semoga apa yang kami berikan bisa mensupport Kampung Maspati untuk menjadi lebih hijau dan indah serta bisa memenangkan juara Kampung Surabaya Hebat yang sedang diikuti. Dan tentunya bisa menginspirasi kampung lainnya, sehingga Surabaya bisa menjadi kota yang hebat yang disupport oleh kampung-kampungnya,” terang dia.

Di tempat yang sama, Ketua RW 6 Kampung Lawas Maspati, Suyatno, mengucapkan terima kasih pada PLN yang telah memberikan bantuan dan dukungan kepada Kampung Lawas Maspati sebagai desa tematik.

“Terima kasih PLN. Semoga apa yang diberikan bisa bermanfaat dan menambah kecantikan serta aura di Kampung Lawas ini,” ujar Suyatno. (Gan)

Teks Foto: Warga RW 6 Maspati, Kelurahan Bubutan, Surabaya, saat kampungnya diresmikan PLN sebagai desa tematik “Wisata Kampung Tengah Kota”.

beritalima.com

Pos terkait