Polda NTT Lakukan Aksi Tanam 1000 Pohon

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) melakukan aksi penghijauan dengan menanam 1.000 anakan pohon.

Seribu anakan pohon yang ditanam di berbagai tempat itu terdiri beberapa jenis yakni anakan mahoni, jati dan Flamboyan.

Penanaman perdana dilakukan di SPN Polda NTT, Jumat (18/8/2023) oleh Irwasda Polda NTT, Kombes Pol I Made Sunarta bersama Ka SPN Polda NTT, Kombes Pol Nanang Putu Wardianto dan sejumlah pejabat utama Polda NTT seperti Karo SDM, Kabid Propam, Kabid Keuangan, Dir Narkoba, Kabid Hukum, Karo Logistik dan Karo Rena.Penanaman anakan ini melibatkan PJU, pejabat dan anggota SPN Polda NTT, ratusan siswa SPN Polda NTT, Bhayangkari SPN Polda NTT.

Ribuan anakan pohon dari berbagai jenis ini ditanam di sekitar kesatriaan SPN Polda NTT hingga lapangan tembak SPN Polda NTT.

Irwasda Polda NTT, Kombes Pol I Made Sunarta menyebutkan kalau penanaman ribuan anakan pohon ini merupakan atensi Kapolri.

Irwasda berharap agar para siswa SPN Polda NTT dan anggota Polri sungguh-sungguh merawat dan memperhatikan tanaman yang ada.

“Kita harus bersungguh-sungguh memelihara anakan yang ditanam. Walaupun daerah kita merupakan daerah kering dan banyak karang namun kita perlu melakukan antisipasi”, Irwasda Polda NTT.

Siswa SPN Polda NTT diharapkan menyiram dan merawat. Diingatkan pula kalau dalam kehidupan tanpa adanya pohon sebagai sumber O2 maka akan menyulitkan sehingga siswa SPN Polda NTT perlu merawat dan menjaga anakan yang ditanam.
Penanaman selain dilakukan di SPN Polda NTT juga dilakukan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Irwasda berharap agar bibit dan anakan pohon dipelihara sehingga subur dan dimanfaatkan dengan baik.

“Dengan cuaca yang ekstrim maka (pohon) harus dirawat. kita tahu bahwa wilayah kita memiliki tanah yang keras dan banyak bebatuan maka perlu upaya dan usaha sehingga pohon bisa tumbuh dan bermanfaat,” tambah Irwasda Polda NTT.

Ka SPN Polda NTT, Kombes Pol Nanang Putu Wardianto mengakui kalau penanaman 1.000 anakan ini oleh para siswa SPN Polda NTT gelombang II TA 2023 di sekitar kesatriaan SPN Polda NTT bersama bhayangkari dan PJU Polda NTT.

Para siswa akan merawat pohon yang ada karena perlu perawatan ekstra karena kondisi tanah yang berbatu dan musim kemarau panjang.

“Mudah-mudahan semua pohon yang ditanam bisa semua tumbuh sehingga membawa kesejukan di lingkungan polda NTT karena banyak pohon yang sudah tumbuh dan bisa memberikan penghijauan sebagai jantung dan memberikan oksigen”, ujarnya.

Para PJU dipimpin Irwasda, perwira dan anggota SPN, siswa serta bhayangkari SPN Polda NTT kemudian berbaur menggali lubang dan menanam aneka anakan pohon yang sudah disiapkan. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait