Politisi Muda Demokrat Dorong Pemerintah Segera Masukkan Draf RUU IKN ke DPR RI

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Politisi muda Partai Demokrat di Komisi V DPR RI, Irwan Facho mendorong agar Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera memasukkan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Ibu Kota Negara (IKN) ke DPR RI agar segera dibahas.
“Saya mendorong presiden segera memasukkan draf RUU IKN ke DPR RI untuk dibahas DPR RI bersama Pemerintah agar pembangunan IKN ada legal standing,” ungkap Irwan yang juga wakil rakyat dari Dapil Provinsi Kalimantan Timur tersebut yang diterima pekan ini.

Seperti diberitakan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa memproyeksi pembangunan IKN bisa dilakukan setelah vaksinasi Covid-19 di 2021

Irwan yang juga Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat itu juga meminta agar Pemerintah memulai pembangunan IKN awal 2021. Hal ini dimaksudkan agar penyelesaian megaproyek tersebut dapat selesai tepat waktu yakni 2024.

“Dan, pembangunan IKN ini juga diharapkan bisa berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional. Pembangunan IKN dapat membantu Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dengan menarik investasi dari luar untuk pembangunan IKN,” ujar wakil rakyat bidang infrastruktur, transportasi dan perumahan rakyat ini.

Karena itu, Irwan menyarankan agar pemerintah untuk tidak lupa melibatkan pemerintah daerah Kaltim maupun masyarakat lokal dalam pembangunan IKN. “Pembangunan IKN juga perlu melibatkan Pemerintah Daerah Kaltim dan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal baik akademis, tokoh agama, masyarakat adat, pengusaha lokal juga tenaga kerja lokal,” jelas pria kelahiran Kalimantan Timur ini.

Seperti diberitakan, Menteri PPN Suharso Monoarfa memproyeksi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) bisa dilakukan setelah vaksinasi Covid-19. Saat ini, master plan dan detail pembangunan sudah rampung.
“Mudah-mudahan kalau sudah vaksinasi ada, kita bisa langsungkan karena dia bisa menjadi prime mover, dia bisa menciptakan lapangan kerja yang banyak,” kata Suharso akhir tahun lalu. (akhir)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait