Polres Situbondo Pantau Arus Mudik Lebaran 2017 Cukup Hanya Dalam 1 Ruangan

  • Whatsapp

SITUBONDO, Beritalima.com – Kepolisian Resort Situbondo meresmikan inovasi terbarunya ” Command Center ” dalam memantau arus mudik terpadu lebaran tahun 2017 hanya dengan memantau melalui ruangan kecil 3 x7 meter selama 24 jam penuh, di Polres Situbondo. Senin (19/6).

Sebelumnya Kapolres Situbondo dalam gelar apel Operasi Ramadniya Semeru 2017 memaparkan dalam rangka mengamankan hari raya Idul Fitri 1438 H akan berlangsung selama 15 hari sejak tanggal 19 Juni – 3 Juli 2017. untuk pengamanan di wilayah Situbondo diteejunkan 600 personil gabungan diantaranya Polres Situbondo, TNI, Dishub, Satpol PP, Perhutani, Dinkes, BNPB, Senkom Mitra Polri, PMK dan Saka Bhayangkara, Serta Didirukan 5 pos pengamanan dan 1 Pos Pelayanan.

Sementara “Command Center” sendiri merupakan inovasi persiapan dan pengamanan Polres Situbondo dalam operasi Ramadniya 2017 dengan menggunakan teknologi semaksimal mungkin yang didalamnya menggunakan beberapa fitur dan aplikasi dalam memantau kondisi di lapangan.

“Dalam Command Center di dukung dengan 3 layar besar, sehingga memudahkan kami memonitar 26 CCTV hasil kerja sama dengan Dishub Situbondo, diruangan ini akan ada 4 operator yang selalu monitor didepan layar, dan petugas lain yang ikut memantau, yaitu dari TNI dan Dishub,”Kata Waka Polres Situbondo Kompol Edith Yuswo Widodo, S.I.K kepada sejumlah wartawan.

Menurut Wakapolres Ada beberapa Aplikasi yang diterapkan dalam ruangan yag berukuran 3 x 7 meter tersebut, yaitu SOSMED : operator akan mengali informasi melalui Sosmed, atau keluhan masyarakat bisa langsung dusampaikan melalui Web atau akun resmi Polres Situbondo.

Kedua GPS Tracker fugsinya mendeteksi keberadaan kendaraan patroli dimanapun berada, Dan bisa melakukan teleconfrence dengan unit yang berada di pos pam maupun Unit Patroli.

Ketiga Google Tracker yaitu sebuah Aplikasi yang memungkinkan operator mengetahui lokasi macet, maupun lancar dengan hanya memonitor warna dan foto.

“Kalau warna hijau berarti lancar, sedangkan kalau warna merah berarti melambat, sementara kalau merah kecoklatan berarti ada kemacetan entah itu macet karena kendaraan mogok maupun kecelakaan, sehingga operator akan menghubungi Unit Patroli, polsek terdekat dam petugas medis dengan cepat,”Jelas Waka Polres.

Polres Situbondo juga menghimbau kepada seluruh masyarakat atau pemudik, jika membutuhkan bantuan kepolisian selain menggunakan Web atau medsos milik Polres, bisa juga menghubungi nomer telepon polsek yang sudah tersebar maupun langsung menghubungi nomer Pelayanan terpadu dinomer 0338 81671110 atau 08133608211.(JOE)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *