Polres Ternate Berhasil Gagalkan Penyelundupan Satwa Langka Ke Batam

  • Whatsapp

TERNATE,beritalima.com – Sabtu,(30/7) sekitar pukul 03.00 wit sabtu dini   hari  tim gabungan yang terdiri dari Polres Ternate,KP3 Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sejumlah satwa langka yang dilindungi keluar negeri.‎

Tim yang dipimpin langsung oleh Kapolres Ternate Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Kamal Bachtiar.S.ik menyita dan mengamankan kurang  lebih 120 ekor burung kakak tua dan nuri dari atas kapal Pelni KM. Doro Londa yang rencananya akan diselundupkan ke Tanjung Pinang Batam. 

Berawal dari informasi  masyarakat pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2016 pukul 00.30 wit bahwa dari Desa Gane Timur Halmahera Selatan (Halsel ) ada pengangkutan hewan yang dilindungi jenis kakak tua dan nuri sebanyak 150 ekor dengan menggunakan kapal perahu ketinting yang akan diselundupkan ke Tanjung pinang Batam melalui Kapal KM Doro Londa milik PELNI. Dan sekitar pupuk 01.00 s/d 06.00 wit anggota Reskrim, KP3 dan Polsek Ternate melakukan pantauan sekaligus penyisiran  ke pelabuhan untuk memastikan perahu katinting yang mengangkut burung di maksud ‎yang menurut informasi akan ditampung di jalan kota baru-toboko. 

satwa2

Namun ternyata perahu ketinting tersebut merapat pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2016 dan barang bukti (BB) berupa burung nuri dan kakak tua telah berpindah ke Kapal KM Doro Londa yang pada saat itu akan berangkat ke Bitung. 

Adapun modul operandinya  pengangkutan burung tersebut  dimasukan ke dalam tas yang  dalamnya terdapat pipa paralon utk menyimpan burung tersebut baru malamnya melalui lambung kapal arah ke laut diangkat menggunakan tali oleh pelaku dan disimpan di dek 8 kapal dalam ruangan mesin kapal dimana sudah disiapkan tempat kurungan burung.

Penyitaan burung tersebut dilakukan setelah Kapal KM Doro Londa kembali dari pelabuhan Bitung ke Ternate dengan berkoordinasi dengan Kepala KPLP serta Kapten Kapal KM. Doro Londa.

Atas temuan tersebut‎ petugas mengamankan pelaku yang turut membantu penyelundupan saudara Zul Mailis, 42 tahun , Security KM Doro Londa. Dan ‎menyita seluruh barang bukti (BB) antara lain ; Burung Kenari dan kakak tua dengan koordinasi BKSDA wilayah Maluku. Pelaku diamankan diPolres Ternate dan dilakukan pengembangan penyelidikan terhadap pelaku dan jaringan penyelundupan.

‎(humas Polres tte)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *