Polres Tulungagung Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2021

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Polres Tulungagung, Jawa Timur, menggelar apel dalam rangka operasl keselamatan Semeru 2021 saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Senin 12 April 2021.

Pelaksanaan apel gelar pasukan di halaman Polres ini, diikutioleh personel TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub.

Kapolres Tulungagung, AKBP.Handono Subiakto, membacakan amanat Kapolda Jatim, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M, serta di tengah pandemi virus corona (covid -19).

“Polda Jatim beserta jajarannya melaksanakan Ops Keselamatan Semeru 2021 dengan mengedepankan kegiatan preventif disertai Gakkum secara selektif prioritas. Operasi keselamatan ini akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 12-25 April 2021, dengan melibatkan sebanyak 3.706 personel,” ucapnya.

Rinciannya, Polda Jatim sebanyak 390 personel dan satwil jajaran sebanyak 3.316 personel. Dimana sasaran dari operasi ini antara lain masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas serta masyarakat yang belum memahami tentang larangan mudik lebaran tahun 2021.

Selesai apel, Kapolres bersama Forkopimda Tulungagung melakukan pengecekan kesiapan personel dengan sarana dan prasarana.

“Dalam operasi keselamatan Semeru 2021, ada beberapa penekanan yang harus dilakukan. Yakni langkah deteksi dini, adanya aksi dan intervensi dini terhadap seluruh potensi kerawanan terkait Kamseltibcarlantas,” tandasnya.

Kegiatan edukasi Kamseltibcarlantas kepada masyarakat, lanjutnya, dilakukan secara intens khususnya kepada kaum milineal. Sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Termasuk melakukan koordinasi secara intens dengan berbagai pihak dalam rangka kegiatan sosialisasi larangan mudik lebaran kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat patuh dan taat terhadap kebijakan pemerintah tersebut.

“Nanti akan kita lakukan koordinasi secara intens dengan berbagai pihak terkait sosialisasi larangan mudik lebaran kepada masyarakat agar patuh dengan kebijakan pemerintah ini,” terangnya.

Kapolres berpesan, saat bertugas tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan,sehingga dalam bertugas di lapangan dapat menjalankan secara optimal dan meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi adanya aksi teror dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kita berharap meski sudah ada larangan mudik dari pemerintah, kita tetap lakukan upaya antisipasi agar di bulan puasa dan lebaran nanti dapat berjalan dengan aman lancar tertib, kemudian tidak ada permasalahan,” tuturnya.

Hadir dalam apel ini diantaranya Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Dandim 0807 Tulungagung Letkol Inf Mulyo Junaidi, dan Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung Mujiarto. (Dst/editor/Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait