Potret Indahnya Kebersamaan Satgas TMMD 114 Kodim 1628/Sumbawa Barat Dengan Masyarakat

  • Whatsapp

Sumbawa Barat NTB.beritalima.com| Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang saat ini berjalan di Wilayah Kodim 1628/ SB tidak hanya dilaksanakan oleh Personil Satgas TMMD namun selalu ada peran aktif dari masyarakat didalamnya.

Hal ini sekaligus menjadi gambaran semangat gotong royong membangun bangsa tidak bisa dilakukan oleh satu lembaga atau organisasi tertentu, tetapi perlu dilakukan Bersama-sama lintas sektoral, terkoordinasi, terencana terarah jelas tujuan dan sasarannya

Hal tersebut disampaikan Dansatgas TMMD 114 Letkol Inf Octavian Engalana Partadimaja dalam keterangan tertulis di Sumbawa Barat, Kamis (9/8/2022)

Hebatnya lagi, lanjut Dansatgas program yang menerjunkan Satgas TMMD dari personil TNI, polri dan Pemda dalam kegiatan TMMD 114 tersebut tidak bersifat eksklusif. Mulai dari perencanaan sasaran kerja selalu melibatkan masyarakat dan pemerintah daerah, misalnya tiga sasaran fisik TMMD ke 114 yakni Pembuatan Jalan, pembangunan rumah RTLH dan peningkatan infrastruktur rumah ibadah merupakan program yang muncul dari usulan warga baik di dusun jembatan kembar maupun dusun ai olat Desa Senayan Kecamatan Poto Tano, jelasnya.

Selain itu Keberadaan Satgas TMMD dalam kegiatan ini, untuk membantu pemerintah di daerah dalam mengatasi kesulitan masyarakat maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang tidak kalah penting bagaiamana terjalin hubungan kerjasama antara sesama anggota Satgas dengan masyarakat serta antara warga masyarakat, pungkas Dansatgas.

Mengingat “Output TMMD ini nantinya bukan untuk Satgas TMMD sendiri, tetapi untuk kepentingan masyarakat. untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” Dilain sisi, dilapangan seluruh kegiatan yang dilakukan Satgas TMMD tersebut selalu menarik minat warga sekitar untuk ikut berpartisipasi sesuai dengan kemampuannya.

Tidak ada aktifitas yang hanya dilakukan sendiri oleh Personil Satgas , namun selalu melibatkan masyarakat baik dalam mengerjakan sasaran fisik, non fisik termasuk dalam menyiapkan makan terlihat begitu antusias ibu ibu bersama sama semoga semua bernilai ibadah, harapnya.

TMMD ke-114 di wilayah Kodim Sumbawa Barat memberi gambaran cara tepat melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Budaya gotong royong yang seolah hilang ditelan jaman kini hadir kembali ditengah masyarakat. Sebuah cotoh budaya yang positif untuk generasi milenial saat ini.

Kembali mengutip slogan yang sering kita ungkapkan “Bersama Rakyat, TNI Kuat. Bersama TNI, Rakyat Sejahtera”. Menjadi gambaran bahwa ikut sertanya masyarakat membantu TNI dalam program TMMD merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama Rakyat di Tana Pariri lema Bariri masih tetap terjaga dengan baik. Karakter disiplin dan tak kenal lelah personil Satgas dan Masyarakat menjadi Potret indah yang dapat di contoh dalam proses percepatan dan pemerataan pembangunan, ungkap Dansatgas(rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait