Prihatin Bencana Alam Landa Indonesia, Sultan Minta Pemerintah Lakukan Langkah Preventif

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Bencana alam melanda beberapa daerah di Indonesia pada awal 2021. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) pada awal Januari 2021, tercatat ada ratusan bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air.

Bencana alam yang terjadi diantaranya banjir, tanah longsor, gempa bumi, puting beliung dan gelombang pasang. Pencatatan bencana ini belum termasuk awan panas gunung semeru dan erupsi gunung sinabung.

Tak ayal, dari ratusan bencana yang terjadi di tanah air itu diperkirakan ratusan jiwa meninggal dunia dengan ratusan orang luka-luka serta ratusan ribu jiwa harus terdampak dan mengungsi. Musibah itu memantik keprihatinan berbagai pihak, termasuk Wakil Ketua III DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin.

Senator asal Bengkulu itu mengaku prihatin atas bencana yang terjadi di Indonesia tersebut. Karena itu, Sultan meminta pemerintah melakukan tindakkan preventif dengan menggali akar masalah bencana. “Tentunya itu bertujuan agar penanggulangannya tak hanya pada saat bencana, akan tetapi sebelum bencana menerjang,” ujar Sultan, Selasa (19/1).

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bencana yang terjadi sebagian besar dari fenomena alam, dari itu dikatakan Sultan, semestinya pemerintah daerah melakukan tindakan preventif melalui berbagai macam kebijakan.

“Ini sebagai langkah preventif. Dan langkah preventif itu bisa dituangkan melalui peraturan daerah atau Perda. Dengan begitu, langkah upaya meminimalisasi bencana dapat dilakukan sedini mungkin,” tambah dia.

Mantan Wakil Gubernur Bengkulu 2013-2015 itu juga meminta kepada BNPB, Tagana dan pemerintah daerah dan pihak terkait agar selalu siaga jika sewaktu-waktu bencana mengguncang. Seperti contohnya, segera mungkin menyiapkan posko pengungsian jika masyarakat memang harus dievakuasi.

“Tentunya harus selalu siaga, situasinya harus cepat tanggap. Tingkatkan kewaspadaan dan menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin jika sewaktu-waktu bencana datang. Namun, sejauh ini saya sangat mengapresiasi kepada petugas gabungan dan relawan yang sudah sangat sigap dalam menangani dampak dari bencana-bencana itu,” tutur dia.

Sultan menghimbau masyarakat Indonesia selalu waspada bencana khususnya bagi warga yang wilayahnya cukup rawan terjadi bencana alam. Sikap itu bisa dilakukan dengan memperbarui informasi terkini terkait kondisi cuaca dan peringatan bencana sehingga masyarakat bisa segera mengevakuasi diri sebelum terjadinya bencana.

“BMKG harus dapat memberikan peringatan cuaca buruk sehingga Pemda dan masyarakat mengetahui dan warga bisa segera mengantisipasi bencana yang akan terjadi,” kata Sultan.

Sultan meminta pemerintah fokus dan sigap dalam melaksanakan tanggap darurat kepada penanggulangan penanganan korban bencana dengan mengerahkan bantuan yang benar-benar diperlukan para pengungsi.

“Pemerintah harus dapat memastikan kebutuhan dasar pengungsi. Pemerintah juga harus mengawal dan mendata secara akurat agar tidak ada lagi insiden perebutan bantuan dan lainnya,” demikian Sultan Bachtiar Najamuddin. (akhir)

beritalima.com

Pos terkait