Produsen Uang Palsu Asal Bangkalan Tertangkap DiGua Baluran Situbondo

  • Whatsapp

SITUBONDO, Beritalima.com – Kelompok pengedar Uang Palsu ( Upal ) jaringan nasional terus diburu oleh Tim Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, salah satunya adalah inisial I yang di tangkap didalam sebuah goa dipegunungan Baluran Situbondo Jawa Timur pada 14 Oktober 2017.

Kasat Reskrim Polres Situbondo AKP Masykur,SH membenarkan adanya penangkapan oleh Tim Mabes Polri dibantu Resmob Polres Situbondo dan Polsek Banyuputih terhadap salah satu tersangka sindikat Upal jaringan Nasional berinisial I (42) tahun asal Bangkalan Madura, yang bersembunyi didalam Gua dikawasan hutan taman nasional Baluran, yang bertindak sebagai produsen dalam kasus tersebut.

“Kasusnya ditangani oleh Mabes Polri, sementara kami dari polres hanya memdampingi dalam proses penangkapan tersebut, karena pelaku bersembunyi diwilayah hukum Polres Situbondo, dari tangan pelaku diamankan sebuah baju dan telepon genggam, selanjutnya pelaku langsung di bawa ke Jakarta oleh Tim dari Mabes Polri,”Singkat Masykur Kamis (19/10) saat ditemui dikantornya.

Seperti telah dirilis oleh Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya dalam konferensi pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (18/10/2017), Pelaku I merupakan residivis dalam tindak pidana yang sama. penangkapan I sendiri berawal dari tertangkap S dan M di Majalengka Jabar, Selanjutnya menangkap R yang merupakan istri dari I di Surabaya.

“Dari R inilah terungkap adanya pabrik Upal yang berlokasi di Bangkalan, dari keterangan R diketahui I sebagai produsen, bersembunyi disalah satu goa di wilayah Situbondo, keselurahan sementara kami sudah menangkap 6 orang pelaku diberbagai daerah dan menyita Barang Bukti 373 lembar uang palsu pecahan Rp 100.000 sisanya diduga sudah dibakar oleh pelaku untuk menghilangkan Barang Bukti,”Ujar Agung.

Atas prestasi dan pengungkapan kasus sindikat Kejahatan Mata Uang Uang Palsu ( UPAL) di Wilayah Indonesia tersebut KAPOLRI dan KABARESKRIM memberikan penghargaan terhadap Anggota Polri dan Masyarakat yang telah membantu dalam kasus tersebut. Barikut nama – nama yang mendapat penghargaan.

BARESKRIM POLRI
BRIGJEND POL Agung Setya IE, SH, SIK (Dir Tipideksus), KOMBES Pol Whisnu Hermawan, SIK (Kasubdit IV), AKBP Jhony Tri Satria, SIK (Kanit IV),
KOMPOL. Kasnan, SH (Kasubnit IV),
KOMPOL. Dewa Nyoman, SH (Kasubnit IV), AKP. Anton, SIK (Kasubnit (IV),
IPDA. Yogie Gultom, STK (Panit IV)
IPDA. Harris Syaputra, STK (Panit IV)
AIPDA. A. MUkson (Banit IV)
AIPDA. Nurjen (Banit IV)
BRIGADIR. Slamet (Banit IV)

POLDA JATIM :
BRIPTU. Moh Farok (Banit IT Subdit III)
BRIPTU. Vicky Ferdiansyah (Banit IT Subdit III)

POLRES BANGKALAN :
IPTU. Buntoro (Kanit Pidek), IPDA. Samsul Anwar (Kanit Resmob),
BRIPKA. Moh Zainal Arifin (Anggota Resmob), BRIPKA. Hendro Puji S (Anggota Resmob), BRIGPOL. Fausi (Anggota Resmob), BRIGPOL. Dwi Ariyanto (Anggota Resmob), BRIGPOL. Agus Prihatin (Anggota Resmob)
BRIGPOL. Hendra Catur (Anggota Resmob).

POLRES SITUBONDO :
BRIPKA. Faisol Amir (Kanit Reskrim Polsek Banyuputih), BRIGADIR. Imam Kurtubi (Anggota Reskrim Polsek Banyuputih), BRIPKA. Hudoyo (Kanit Resmob), BRIGADIR. Samsul Arifin (Anggota Resmob)

MASYARAKAT :
Untung Waluyo (Jakarta)
Haerudin (Jakarta)
Daeng (Surabaya)
Rohim ( Cirebon)
Karna (Madura)

(Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *