Prof Dr Jasruddin, M.Si: Kurikulum Pendidikan Guru Lebih Banyak Teori Dibanding Praktik

  • Whatsapp

MAKASSAR. Pelaksanaan kurikulum pendidikan guru saat ini, yang masih lebih banyak teori dibandingkan praktek. Jika demikian terus maka sampai kapanpun tidak akan bisa mendapatkan guru yang profesional.

Demikian penegasan Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, M.Si di ruang kerjanya, Jumat (21/9/2018) usai menyerahkan kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM.

Surat Keputusan (SK) dari Menristekdikti izin pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG), Bidang Studi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Prof Jas meminta kepada rektor dengan dibukanya PPG Unismuh Makassar bisa mencetak calon guru yang profesional.

Para calon guru yang dihasilkan betul-betul memiliki kemampuan atau keterampilan dalam mentransper ilmunya kepada mahasiswa.

Karena itu, calon guru yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik atau sulit mentransper ilmunya sehingg sulit diterima.

Makanya dalam kurikulum yang akan dibuat, praktek mengajar harus lebih banyak ketimbang teori, perbandingannya 60:40,”usul Prof Jas.

Kepada Rektor Unismuh Makassar meminta untuk tidak menyia-nyiakan kepercayaan ini.

Di Makassar bahkan di luar Jawa, baru Unismuh Makassar (PTS) dan UNM (PTN) yang membuka pendidikan progesi guru.

Jika Unismuh Makassar mampu memberikan servis yang baik maka mungkin banyak calon guru yang memilih kuliah di Unismuh.

Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, merasa bersyukur karena kerja keras yang dilakukan bersama selama ini telah membuahkan hasil dengan mendapatkan izin dari Menristekdikti RI untuk membuka PPG.

Agar Pendidikan Profesi Guru Unismuh Makassar ini bisa melahirkan guru yang betul-betul profesional maka perlu dilakukan TOT bagi dosen PPG.

Insyaallah dalam waktu dekat ini dosen yang dipersiapkan mengajar di PPG dapat mengikuti TOT,”kunci rektor.

SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 638/KPT/I/2018 tanggal 08 Agustus 2018 tersebut diserahkan Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, M.Si, kepada Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM.

Pada acara penyerahan SK rektor didampingi Ketua Prodi Bahasa Inggris FKIP Unismuh Makassar, Ummi Khaerati Syam, S.Pd,, M.Pd.

Ketua Prodi Bahasa Indonesia, Dr Minirah, M.Pd. Dari LLDIKTI Wilayah IX, Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi, Drs Andi Lukman dan Kabid Umum, Andi Amir, SH,MH. (nasrullah)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *