Profesor Bagir Manan: Pers Harus Kedepankan Etika

  • Whatsapp

PADANG, beritalima.com – Pers merupakan lembaga etik, sehingga insan pers harus menjunjung tinggi etika. Demikian disampaikan mantan ketua Dewan Pers, Profesor Bagir Manan dihadapan ratusan pelajar dan mahasiswa dalam Forum Literasi Digital Citizenship untuk Generasi Milenial dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2018, bertempat di Hotel Basco, Kota Padang, Rabu, (7/2).

Profesor Bagir mengatakan jika insan pers melanggar etika maka sesungguhnya dia sudah menghianati pers. “Pers harus menjunjung tinggi etika, dia harus mengedepankan kepentingan publik. Misalnya pada Pilkada Serentak 2018, kepentingan publiklah yang harus dilindungi,” ujarnya.

Pers juga harus menjaga keutuhan NKRI dengan turut mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Menurut saya, itulah mission pers sesungguhnya,” ulasnya.

Selain itu, Profesor Bagir juga menyoroti merebaknya fenomena hoax di Indonesia. Menurutnya, ada sejumlah faktor psikologis yang menjadi penyebab orang menyebarkan hoax.

“Penyebabnya yaitu faktor situasi kejiwaan. Misalnya, orang yang sedang bergolak, antara idealisme dan kenyataan, semata-mata karena gejolak kejiwan,” ujarnya.

Selanjutnya, hoax karena iseng saja dan hoax karena dorongan dan sikap ideologis. Karena merasa teraleniasi dan merasa tidak berdaya.

“Kejiwaan dari orang yang melalukan hoax, ada beberapa, seperti tidak sanggup kompetisi secara fair, terbuka, dan tidak sanggup memikul tanggungjawab,” jelasnya.

Profesor Bagir berharap semua pelajar dan mahasiswa yang hadir dalam forum literasi ini dapat menjadi The Rising Inteletual. Kaum intelektual yang selalu mengedepankan intelektual dan mampu melawan hoax.

“Dengan memiliki kemampuan kompetensi, memiliki sikap jujur, sikap yang baik dan itu hanya mungkin jika kita punya kualitas,” pungkas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini. [jar]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *