Profesor Darman Manda Kuliah Umum Pada Mahasiswa FKIP Universitas Tomakaka

  • Whatsapp

Citizen Reporter
Laporan : Hasruddin Nur
Dosen Muda Fisip Universitas Sawerigading Makassar

Bustamin, S.Pd., MM selaku Dekan FKIP membuka kuliah umum mahasiswa FKIP Universitas Tomakaka Mamuju, Minggu (29/4/2018).

Kegiatan mengusung tema Pendidikan Berbasis Budaya Lokal ini diadakan di Aula AKSARA ILMK BP-PAUD dan DIKMAS Provinsi Sulawesi-Selatan yang terletak di Jl. Adyaksa No.2 Panakkukang Makassar.

Tampil sebagai pemateri pada kuliah umum yakni; Prof. Dr. Darman Manda, M.Hum selaku Guru Besar dalam Ilmu Antropologi Budaya dan didampingi oleh Rahman, S.Pd., M.Pd sebagai moderator.

Pada kesempatan itu, menekankan tentang pendidikan dan budaya lokal karena pendidikan adalah esensisnya untuk memanusiakan manusia.

“Kearifan budaya saat ini tdk terlepas dari bentuk alur pendidikan yang semakin berkembang”, tandasnya.

Selain itu, mengatakan bahwa kebudayaan mulai bergeser dari bentuk globalisasi yang ada saat ini, pendidikan bukan hanya satu-satunya jalan untuk menjadikan orang cerdas, tapi ada pengalaman yang bisa membuat orang jadi lebih cerdas, tambahnya

Sumber kebenaran ada 3 yaitu Agama, kearifan lokal dan ilmu pengetahuan.

Ada 3 institusi yang berperan penting dalam perkembangan pendidikan dan kebudayaan diantaranya; Institusi masyarakat, Institusi sekolah dan Institusi keluarga, tegasnya.

Kegiatan kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa FKIP Universitas Tomakaka dengan jumlah peserta sebanyak 95 orang mahasiswa.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *