Program Genre, Langkah Preventif Pemkab Gresik Cegah Kenakalan Remaja

  • Whatsapp
Ketua TP PKK yang sekaligus menjadi Bunda GenRe Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani, saat memberi pengarahan di acara pemilihan Duta GenRe, Sabtu (09/06/2024).

GRESIK,beritalima.com- Potensi Kenakalan remaja yang menjadi permasalahan umum, harus ditangani secara preventif, agar tidak merugikan masyarakat.

Untuk merespon hal itu, Pemkab Gresik melalui Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Gresik menggelar Program Generasi Berencana (GenRe) guna memberikan penyadaran kepada remaja di Gresik untuk mempersiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Untuk mensukseskan program tersebut, KBPPPA juga menggelar pemilihan Duta GenRe, yang menjadi ajang pemilihan remaja putra dan putri figur teladan serta motivator di kalangan remaja.

Acara Grand Final Apresiasi Duta GenRe tahun 2024, diselenggarakan di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik, Sabtu (08/06).

Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK yang sekaligus menjadi Bunda GenRe Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani, Kepala Dinas KBPPPA Gresik Titik Ernawati, dan seluruh jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Gresik.

Bunda GenRe Gresik, Ning Nurul dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Duta GenRe ini. Menurutnya, acara ini bertujuan menjaring dan mencari anak-anak muda yang berbakat.

“Setelah acara apresiasi selesai, bukan berarti tugas kalian selesai. Justru setelah grand final ini tugas para Duta Genre dimulai. Nantinya, anda memberikan pengaruh yang baik untuk remaja di Kabupaten Gresik,” jelasnya.

Ning Nurul mengaku sangat prihatin terhadap para remaja yang identik dengan kegiatan konotasi negatif. Dia berharap, para remaja GenRe dapat merangkul, bukan menggurui.

“Ada pepatah yang mengatakan bahwa padi yang dipanen tidak ditanam kemarin sore. Tetapi padi yang ditanam ini telah melalui proses yang luar biasa, artinya untuk mencapai tujuan perlu berproses. Saya percaya finalis yang saat ini telah terpilih, merupakah buah dari proses-proses yang telah dilalui,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas KBPPPA, Titik Ernawati mengatakan, program GenRe yaitu mensosialisasikan tentang kesehatan reproduksi remaja, life skill, penyiapan program berkeluarga, serta kependudukan dan pembangunan keluarga.

“Tidak hanya untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah, dan napza. Tetapi program GenRe saat ini ada tambahan yaitu stop pernikahan dini dan stop stunting,” jelasnya.

Dijelaskan, Grand Final diikuti 10 pasang finalis putra dan putri yang lolos seleksi. Mereka telah melalui beberapa tahapan sejak Maret lalu. Seleksi itu di antaranya, tes administrasi, wawancara, pra karantina, karantina, hingga grand final malam ini.

Duta GenRe 2024 akhirnya menobatkan pasangan Fajar Izzul dan Salsa Erikha sebagai juara 1. Selanjutnya juara 2 berhasil direbut oleh Akbar Albaihaqi dan Azriela Alfasya, serta juara 3 diraih pasangan Jabbir Danadyaksa dan Naura Khansa.

Sedangkan kategori Duta GenRe Terfavorit diraih oleh Muhammad Ramadhan dari Kecamatan Gresik dan Clarisaa Naila dari Kecamatan Kebomas. Untuk Duta Persahabatan didapatkan Fawwas Firdaus dari Kecamatan Kebomas dan Shinta Rahmah dari Kecamatan Manyar. Duta Berbakat GenRe diraih oleh Muhammad Dimas Amirullah dari Kecamatan Gresik dan Jocelyn Maurika dari Kecamatan Gresik.( Moh Khoiron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait