PT PAL Indonesia Percepat Pembangunan Kapal Landing Dock Angkatan Laut Filipina: Dukungan Diplomasi dan Keberhasilan dalam Industri Pertahanan

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
PT PAL Indonesia sukses gelar seremoni Keel Laying untuk kapal Landing Dock (LD) Philippines #1 dan First Steel Cutting untuk Landing Dock (LD) Philippines #2. Ini merupakan salah satu tonggak pencapaian penting dalam proses pembangunan kapal, disaksikan oleh RADM Caesar Bernard N Valencia, Wakil Komandan Angkatan Laut Filipina, Duta Besar Filipina untuk Indonesia Gina Jamoralin, dan berbagai pemangku kepentingan.

Dalam sambutannya, CEO PT PAL Indonesia menyatakan kepuasan dan apresiasinya.

“Kami mengapresiasi pemerintah Filipina dan dukungan langsung Presiden Joko Widodo yang terus memotivasi PT PAL untuk memberikan hasil terbaik, dan menjamin keberlanjutan kami dalam perkembangan pasar global,” terangnya.

Seremoni ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke Filipina bersama CEO PT PAL Kaharuddin Djenod beberapa waktu lalu, serta menandai peran diplomasi sebagai instrumen efektif dalam menangani isu global dan memperkuat posisi Indonesia di ASEAN melalui kolaborasi ini.

“Menyusul keberhasilan kita pada pesanan sebelumnya pada tahun 2015 dan 2017, yaitu BRP Tarlac-601 dan BRP Davao Del Sur-602, PT PAL berkomitmen menjaga kepercayaan, kualitas, dan memberikan hasil terbaik dalam pembangunan 2 (dua) unit Landing Dock Filipina ini,’ tegas Kaharuddin Djenod.

Puncak seremoni Keel Laying kapal #1ini ditandai dengan peletakan koin pada lunas kapal dan simbolis penekanan tombol sirine oleh RADM Caesar Bernard N Valencia, Wakil Komandan Angkatan Laut Filipina, bersama CEO PT PAL Indonesia Dr. Kaharuddin Djenod M.Eng, Plt. Komisaris Utama PT PAL Didit Herdiawan, Duta Besar Filipina untuk Indonesia Gina Jamoralin, Ketua Perwakilan Angkatan Laut Filipina Capt Emerson F Oxales PN (GSC), dan Kepala Proyek LD Philippines Parnianto.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan siluet kapal LD Philippines #1 dari CEO PT PAL kepada RADM Caesar Bernard N Valencia dan penyerahan siluet kapal LD Philippines #2 dari Plt Komisaris Utama PT PAL Didit Herdiawan kepada Gina Jamoralin, Duta Besar Filipina untuk Indonesia sebagai simbol First Steel Cutting kapal LD Philippines #2.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Wakil Komandan Angkatan Laut Filipina,

“Upacara ini menandai dimulainya implementasi dari visi kolektif, dedikasi, dan upaya tiada henti untuk mencapai keunggulan. Ini merupakan bukti semangat persahabatan, kerja sama, dan komitmen bersama terhadap keamanan dan stabilitas regional. Perjalanan yang kita mulai hari ini melambangkan tidak hanya pembangunan kapal tetapi juga penguatan ikatan yang mempersatukan kedua negara maritim kita,” ungkap RADM Caesar Bernard N Valencia.

Kepuasan tersebut meningkatkan kepercayaan Filipina terhadap Indonesia, selain itu juga menjalin hubungan baik antar negara dalam mengembangkan kapabilitas alutsistanya dan dapat membangun mutual trust untuk memperkuat persepsi terhadap kepentingan bersama serta membuka peluang kolaborasi yang lebih luas.

“Kapal ini lahir dari upaya kolaboratif para ahli Indonesia dan Filipina, akan menjadi simbol komitmen bersama kita terhadap pertahanan dan kerja sama maritim. Hal ini merupakan wujud dedikasi bersama untuk memajukan kemampuan maritim, mendorong stabilitas regional, dan memupuk rasa kepedulian antar negara,” pungkas RADM Caesar Bernard N Valencia.

Kerja sama ini memperkuat posisi PT PAL sebagai pemain global dan terus berkomitmen memenuhi perannya sebagai promotor kapabilitas pertahanan baik di dalam maupun luar negeri. Tujuannya adalah mencapai kemandirian dan meningkatkan kapasitas industri pertahanan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan keamanan regional.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait