Puan: DPR RI Berkomitmen Dukung Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Sebagai lembaga perwakilan dari rakyat, DPR RI berkomitmen bakal mendukung kebijakan Pemerintahan pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda Indonesia sejak Maret tahun lalu.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Wakil Ketua Dr Aziz Syamsudin (Fraksi Golkar), Rahmad Gobel (Nasdem), Sumi Fasco Ahmad (Gerindra), Muhaimin Iskandar (PKB)  dan sembilan Ketua Fraksi yang ada di DPR RI pada peringatan HUT ke-76 DPR RI di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (31/8).

Dikatakan Puan, lembaga perwakilan yang dia pimpin berkomitmen bakal mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Dan, DPR RI akan memastikan kebijakan tersebut bertujuan semata-mata demi menyelamatkan rakyat. “DPR RI punya komitmen yang tinggi dalam mendukung berbagai upaya, kebijakan dan program pemerintahan dalam menyelamatkan rakyat menghadapi pandemi dan dampaknya,” kata Puan.

Dikatakan, berbagai upaya dan kebijakan sudah dilakukan pemerintah dalam menyelamatkan rakyat harus mendapatkan dukungan dari semua pihak. “Keselamatan rakyat merupakan asas tertinggi penyelenggaraan pemerintah untuk menghadapi krisis,” kata dia.

Lebih jauh, Puan mengatakan, negara tak bisa berpasrah diri menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan dampaknya yang dirasakan rakyat. Karena itu, Pemerintah harus melakukan upaya terbaik menjalankan tugas-tugas tujuan bernegara, pelayanan publik dan pembangunan nasional. “DPR RI mengapresiasi dan dukungan dalam mengatasi pandemi dan dampaknya pada bidang kesehatan, sosial, ekonomi dan budaya.”

Karena itu, Puan berharap, Pemerintah terus meningkatkan kinerja dalam penanganan pandemi. Itu dapat diperlihatkan melalui kebijakan semakin solid, implementasi pelaksanaan penanganan pandemi yang bersinergi, dan penanganan urusan rakyat terdampak pandemi semakin efektif. “DPR RI, dalam menghadapi situasi ini, terus melakukan upaya terbaik agar dapat menjalankan fungsi konstitusionalnya secara optimal,” jelas Puan.

Meski dengan berbagai pembatasan kehadiran fisik anggota dalam rapat-rapat akibat pandemi Covid-19, DPR RI, kata Puan, tetap bekerja secara optimal. Dia memastikan pembatasan tersebut tidak menghalangi DPR dalam bekerja memberikan pelayanan terbaik ke rakyat.

“Tak akan mengurangi kualitas substansi dalam pembentukan Undang Undang, pembahasan anggaran negara, pengawasan kinerja pemerintah, serta pelaksanaan diplomasi,” ungkap dia.

Terkait Tim Pengawas, kata Puan, keberadaan tim ini untuk melakukan pengawasan terhadap berbagai kebijakan, baik yang dihasilkan oleh Pemerintah maupun DPR RI sehingga dapat dipastikan manfaatnya bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada tahun sidang ini, terdapat terdapat 9 Tim Pengawas/Pemantau yang masih ditugaskan dan 45 Panja Pengawasan yang dibentuk DPR RI. Puan menyebut, 21 dari 45 Panja Pengawasan itu telah menyelesaikan tugas.

Selain itu, dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, DPR RI telah membentuk Satuan Tugas Lawan Covid-19 yang bertujuan memberikan respons cepat terhadap masukan dan aspirasi masyarakat yang terkena dampak pandemi.

Puan juga menyinggung kehilangan yang dirasakan DPR RI selama masa pandemi Covid-19. Puan mengajak seluruh Anggota dewan mendoakan 10 rekan sesama Anggota DPR RI 2019-2024 yang wafat. “Mari kita doakan semoga almarhum/almarhumah mendapatk tempat terbaik di sisi Allah SWT,”
demikian Puan Maharani. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait