Punya Jalur Sepeda Wisata, Kota Madiun Dinobatkan Kota Ramah Sepeda

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Jalur Sepeda Wisata Kota Madiun, Jawa Timur, ternyata mencuri perhatian nasional. Tak heran, Kota Madiun dinobatkan sebagai Kota Ramah Sepeda.

Penghargaan itu diberikan Bike To Work (B2W) Indonesia dalam ajang B2W Award 2021 di Ballroom Perpusnas Jakarta, Selasa 21 Desember 2021.

Kota Madiun mendapatkan predikat terbaik kedua Kota Ramah Sepeda untuk kategori Kota sedang/kecil. Selain Kota Madiun, ada Purwokerto di urutan ketiga dan Magelang di urutan pertama.

Walikota Madiun, H. Maidi, tak menyangka program jalur sepeda wisata mendapat apresiasi B2W. Kota Madiun biarpun kecil namun peduli dengan olahraga sepeda. Untuk itu, Pemkot Madiun telah menyiapkan tiga jalur sepeda wisata. Yakni, 10, 15, dan 25. Jalur 15 sudah siap saat ini. Baik marka maupun rambu-rambu.

Jalur 15 kilometer dimulai dari Jalan Pahlawan Kota Madiun-Cokroaminoto-Musi-Agus Salim, Kolonel Marhadi-Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun-Ahmad Yani-Pahlawan (utara)-Kartini-Diponegoro-Rimba Darma-Setiaki-Parikesit-Sumbo-Komplek Stadion Wilis-Mastrip-Mobilisasi Pelajar-Nanas-Duku (Lapangan Olahraga Gulun)-Kapten Saputro-Manggis-Bumi Perkemahan Ngrowo Bening-Abdurahman Saleh-Mastrip-Panglima Sudirman-Dr Soetomo-Kompol Sunaryo-Jalan Pahlawan.

‘’Bersepeda ini tidak hanya sehat, tetapi juga ramah lingkungan. Dan kota kita sudah memenuhi unsur itu,’’ jelas H. Maidi.

Ke depan, jalur sepeda tersebut akan terus ditingkatkan. Khususnya mewujudkan jalur 10 kilometer dan 25 kilometer. Jalur 25 merupakan jalur terjauh dengan berkeliling kota. Rencananya, melewati lokasi lapak-lapak UMKM di kelurahan.

Untuk diketahui, Kota Madiun memiliki lapak UMKM di tiap kelurahan. Selain membudayakan olahraga bersepeda, juga menjadi ajang promosi lapak untuk peningkatan ekonomi lokal.

‘’Tentu akan kita tingkatkan dan kita percantik jalur sepedanya. Ke depan, orang akan semakin kagum dengan Kota Madiun,’’ pungkasnya. (Sumber Diskominfo/editor Dibyo).

H. Maidi (kanan) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait