Terapkan Teknologi Digital Sangat Baik, Pemkot Madiun Raih Top Digital Award Bintang 4

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Penerapan teknologi digital di lingkup Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, sudah cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Top Digital Award dari majalah IT Works di Jakarta, Selasa 21 Desember 2021.

Kota Madiun mendapat Top Digital kategori intansi pemerintahan dengan predikat bintang 4 atau sangat baik. Penghargaan diterima Walikota Madiun, H. Maidi, di Dian Ballroom Raffles Hotel Jakarta.

Keberhasilan dalam meraih penghargaan Top Digital Awards merupakan pencapaian luar biasa. Sebab, menunjukkan bahwa manajemen Pemerintah Kota Madiun telah mengelola bisnisnya secara modern, profesional, dan lebih terpercaya dengan mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang lebih canggih.

‘’Kota kita sudah mengedepankan IT. Hampir semua sudah pakai IT. Dan penerapannya luar biasa. Apa yang menjadi standarisasi, kita sudah masuk semua,’’ kata H. Maidi.

Kota Madiun memang salah satu daerah pilot project program smart city. Karenanya, dalam menjalankan pemerintah ada teknologi digital di dalamnya. Ada banyak program yang berbasis IT. Mulai dari perencanaan, penyusunan program, lelang pengadaan, sampai pelaporan sudah berbasis IT. Selain itu, infrastrukturnya juga terus dipenuhi. Kota Madiun memiliki 1.800 titik wifi gratis hingga tingkat Rt. Selain itu, juga ada program laptop gratis untuk pelajar.

‘’Teknologi digital ini kan tidak hanya soal program. Tetapi infrastrukturnya juga harus memadai. Kita terus mewujudkan itu,’’ ungkapnya.

Top Digital Award kategori Bintang 4 ini setidaknya harus memenuhi tata kelola TIK dalam kebijakan, organisasi, penerapan sistem dan prosedur biarpun belum menyeluruh. Selain itu, pengimplementasian teknologi digitalnya berhasil dan penggunaannya terpadu di hampir semua divisi atau unit kerja dan berdampak signifikan terhadap kinerja serta daya saing dan layanan masyarakat.

Tolok ukur ketiga, terkait infrastruktur pendukung teknologi digital yang tersedia sesuai dengan kebutuhan saat ini biarpun belum mengantisipasi kebutuhan di masa mendatang.

‘’Masih ada bintang 5 atau kategori luar biasa, kita harus terus berbenah untuk mewujudkan itu. Jangan puas dulu,’’ pungkasnya. (Sumber Diskominfo).

Ket. Foto: H. Maidi.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait