Putra Wajo Raih Doktor Sosiologi Spasial di PPs-UNM

  • Whatsapp

Putra Wajo kelahiran Tosoro,  Muhamad Nawir, S.Ag M.Pd, Kamis (18/8/2016) berhasil meraih gelar doktor sosiologi spasial ketiga di PPs-UNM dengan IPK 3,92. Sidang terbuka promosi itu dipimpin Direktur PPs-UNM, Prof Dr Jasruddin,M.Si.

Dosen FKIP Unismuh Makassar ini  berhasil mempertahankan disertasinya berjudul, Penguasaan Ruang Kota dan Koeksistensi Sosial Perkotaan (Studi Kasus Pasar Grosir Daya Moderen dan Sekitarnya Kota Makassar).

Selama penulisan disertasi dibimbing Promotor, Prof Dr Darmawan Salman, M.Si dengan Kopromotor, Prof Dr Tommy SS Eisenring, M.Sidan Dr Batara Surya ST,M.Si . Ujian promosi menghadirkan penguji internal, Dr. Ir. Imam Mujahidin, MT.Dev dan Ir. Ria Wikantari R, M.Arch, Ph.D.

Simpulan disertasinya mengatakan, di Pasar Grosir Daya Moderen dan sekitarnya terdapat dua bentuk penguasaan ruang, yakni ruang terdesain dikuasai penguasa moda produksi kapitalis dan ruang terdesain dikuasai pengguna moda produksi nonkapitalis.

Penyediaan ruang sosial berupa pasar tradisional oleh sektor kapitalis, tidak dapat mencegah munculnya ruang diferensial yang tak terencana oleh pengguna moda produksi nonkapitalis.

Akibatnya, muncul sebuah kapitalis baru ini adalah apa yang menjamin keberlanjutan koeksistensi sosial di antara dua macam penguasaan ruang yang berbeda atas moda produksi yang berbeda di lokasi penelitian.

Nawir lahir di Tosoro Wajo, 31 Desember 1975. Alumni S1 komunikasi IAIN Alauddin 1998. S2 PPs-UNM Pendidikan Sosiologi serta S3 Sosiologi PPs-UNM angkatan 2011. Sejak 2008 jadi dosen kontrak Unismuh Makassar dan mulai 2010 diangkat jadi Dosen Tetap Yayasan. (yahya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *