Ratusan Napi dan Warga Binaan Lapas Abepura Nyoblos

  • Whatsapp

JAYAPURA, beritalima.com – Sebanyak 143 narapidana dan warga binaan berserta pegawai dan staf Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas II Abepura, Kota Jayapura, Papua menyalurkan hak suaranya di lembaga Pemasyarakatan tersebut.

Ketua KPPS 030 di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Abepura mengatakan, TPS yang sengaja di tempatkan didalam Lapas tersebut dimaksudkan untuk memudahkan para narapidana dan pegawai Lapas untuk menyalurkan hak suaranya dalan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Jayapura 2017.

“Warga binaan/tahanan Lapas Abepura yang memilih beserta para pegawai lembaga sebanyak 143 pemilih, itu keseluruhan pemilih disini.” kata Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 030, Yakoba Tjoe di Jayapura, Rabu (15/2/2017).

Selain itu, kata dia, jumlah itu juga ditambah dengan daftar tambahan pemilih yang menggunakan kartu identitas penduduk elektronik (KTP-E).

“Ada lima orang yang masuk dalam daftar tambahan pemilih ini adalah warga binaan yang memiliki KTP Jayapura namun tidak mendapat undangan untuk memilih sehingga mereka gunakan KTP untuk menyalurkan hak suaranya disini,” ujarnya.

Menurutnya, pemilih di Lapas Abepura sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) dari kelurahan yang diserahkan ke KPU Kota Jayapura sebanyak 669 pemilih.

“Tetapi DPT yang diterima dari KPU Jayapura beserta surat suara sebanyak 654 lembar, tetapi banyak pemilih di Lapas Abepura yang sudah selesai masa tahannya,”katanya.

Selain itu, banyak warga binaan dari daerah lain yang ditahan di Lapas Abepura tidak bisa memilih, karena bukan warga Kota Jayapura.

“Mereka tidak berhak untuk memilih karena datang dari daerah lain, yang diminta untuk memilih adalah warga yang tinggal di Kota Jayapura,” ujarnya.

Dia mengatakan, warga binaan Lapas Abepura ini sangat antusias untuk memilih, mereka sadar karena sebagai warga Indonesia dia harus menyukseskan pesta demokrasi ini.

“Cukup bagus ya animonya, mereka sadar suara mereka sangat berharga untuk pembangunan Kota Jayapura lima tahun mendatang,” ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti jumlah perolehan suara keseluruhan di Kota Jayapura. Pasalnya penghitungan surat suara ditingkat Distrik baru akan dilakukan pada esok hari untuk tingkat Diatrik. (Edy Siswanto).

Caption foto : Narapidana yang memilih di Lapas Abepura.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *