Rayakan HUT Ke-60 di Surabaya, Astra Gelar Festival Kewirausahaan

  • Whatsapp
Direktur PT Astra International Tbk, Johannes Loman, bersama Head of Public Relations Yulian Warman, melihat hasil perajin batik Pamekasan Madura, Ida Rizal, di Surabaya, Jumat (21/7/2017).

SURABAYA, beritalima.com – Astra International Tbk kembali menggelar perayaan HUT ke-60. Kali ini di Surabaya, setelah di Jakarta, Yogyakarta, dan Balikpapan.

Perayaan di Surabaya digelar bersamaan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-70 yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2017. Bukan tanpa kesengajaan, tapi guna mendukung pemerintah dalam mendorong pertumbuhan wirausaha di Indonesia.

Melalui Festival Kewirausahaan, yang menjadi fokus rangkaian kegiatan HUT ke-60 Astra di Surabaya selama 3 hari (21-23 Juli 2017), kegiatan ini diharapkan dapat menghidupkan jiwa wirausaha dan mendorong rasio wirausaha di Indonesia.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mendapat penghormatan untuk membuka kegiatan ini, di Grand City Mall & Convex Surabaya, Jumat (21/7/2017). Dia didampingi Direktur PT Astra International Tbk, Johannes Loman.

Selain itu hadir pula Chief of Corporate Human Capital Development Aloysius Budi Santoso, dan lebih dari 500 tamu undangan.

Direktur PT Astra International Tbk, Johannes Loman, mengatakan, 60 tahun bukan waktu yang sebentar untuk sebuah organisasi menjalankan kegiatannya.

Dalam kurun waktu selama ini, Astra tidak semata-mata mencari keuntungan saja, tapi juga memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat. Karena di mana pun Astra berada, harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

”Saya menyambut baik gagasan Astra untuk berbagi pengalaman kepada para pelaku UKM di provinsi ini,” sambut Wagub Jatim, Saifullah Yusuf.

Apalagi, lanjut pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini, lewat ajang berbagi ilmu dengan UKM, Astra siap memberi kesempatan pada UKM untuk bisa bersaing dalam menghadapi perekonomian global.

Gus Ipul mengingatkan pentingnya kreativitas dalam dunia usaha. Menurutnya, kemandirian dan keberlangsungan suatu usaha sangat ditentukan dari kreativitas yang diciptakan.

”Kreativitas perlu terus didorong dan hadir di semua bidang usaha, baik mikro, kecil, maupun besar. Ini penting dilakukan karena kreatif sangat berharga bagi semua pihak, di mana pun tempat mengabdi,” ujarnya.

Disebutkan, jumlah UKM di Jatim lebih dari 6 juta, dan yang berkontribusi terhadap PDRB Jatim ada 54 persennya.

Sedangkan UKM binaan Astra, sebagaimana disebutkan, secara nasional ada 9.828 UKM, dan yang sudah mandiri serta berkembang baru sekitar 100 UKM.

Oleh karena itu, peningkatan kualitas UKM menjadi prioritas pemerintah, melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

”Saat ini, pelaku UKM perlu terus memperbarui teknologinya, kualitas sumber daya manusia, dibantu akses pemodalan, serta pemasarannya,” lanjut Gus Ipul.

Berbagai kegiatan dilakukan Astra di Surabaya, di antaranya bedah buku “on Becoming Pride of the Nation” yang diisi Group Chief Editor SWA Media, Kemal Effendi Gani, dan Chief of Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk, Aloysius Budi Santoso.

Selain itu juga ada Talkshow Kewirausahaan bersama Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Sosial Khofifah Indah Parawansa, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

”Astra untuk Indonesia Kreatif”. Ini tema peringatan HUT ke-60 Astra di Surabaya. Pada hari kedua, Sabtu (22/7/2017), kegiatan tetap digelar di Grand City Mall & Convention berupa Talkshow “Building a Smart Sustainable Startup” sharing pelaku UKM terbaik, dengan keynote Speaker Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Kemudian pada hari ketiga, Minggu (23/7/2017), perayaan akan dipusatkan di KBA Keputih, Sukolilo, Surabaya. Di kampung ini telah siap digelar Festival Kampung Berseri Astra (KBA).

Pemilihan tempat ini karena KBA Sukolilo merupakan kampung tempat pembuangan akhir sampah di Surabaya. Kesejahteraan masyarakat di wilayah ini awalnya di bawah rata-rata. Namun kini, KBA Sukolilo yang telah dikembangkan itu menjadi KBA percontohan di wilayah Jatim dan sukses memberdayakan masyarakat sekitar.

Setelah rangkaian perayaan HUT ke-60 Astra di Surabaya berakhir besok, perayaan selanjutnya akan digelar di Medan (22-24 September 2017), dan ditutup di Makassar (17-19 November 2017). (Ganefo)

Teks Foto: Direktur PT Astra International Tbk, Johannes Loman, bersama Head of Public Relations Yulian Warman, melihat hasil perajin batik Pamekasan Madura, Ida Rizal, di Surabaya, Jumat (21/7/2017).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *