Rektor Unair Ajak Mahasiswa KKN Berkomitmen Entaskan Kemiskinan di Indonesia

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Universitas Airlangga (Unair) terjunkan 2686 mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Belajar Bersama Komunitas (BBK) 4. Kegiatan itu diselenggarakan pada Senin (1/7/2024) di Airlangga Convention Center (ACC) Kampus MEER-C.

Namun ada yang menarik pada KKN kali ini, sejumlah mahasiswa itu tersebar di tiga jenis KKN BBK berbeda. Di antaranya, 2650 mahasiswa terjun dalam KKN BBK Reguler yang tersebar di 6 kabupaten/kota di Jawa Timur (Banyuwangi, Gresik, Lamongan, Madiun, Mojokerto, Surabaya).

Sedangkan 5 mahasiswa mengikuti KKN BBK Kebangsaan yang berwilayah di Provinsi Ambon, Maluku dan 31 mahasiswa mengikuti KKN internasional di 3 negara. Yakni Australia, Jepang, dan Malaysia.

Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak mengungkapkan bahwa mahasiswa Unair harus memiliki jiwa kebermanfaatan dimanapun, kapanpun dan siapapun.

“Keberadaan kita di masyarakat harus memiliki kebermanfaatan. Dimanapun kawan-kawan berada tetaplah hadir dan menjadi rahmat bagi alam semesta serta menghadirkan kebermanfaatan bagi siapa saja,” tuturnya.

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair itu pun juga berpesan bahwa mahasiswa harus menjadi manusia pembelajar dengan mengambil hikmah dari segala hal yang dilalui, baik kegagalan maupun keberhasilan.

Ia mendorong mahasiswa KKN untuk bisa mempelajari masalah dan mengatasi segala persoalan di komunitas.

“Salah satu kunci sukses adalah bagaimana kita bisa mengubah hal yang tidak baik menjadi baik dan yang baik menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Selain itu, Prof Nasih juga mengimbau kepada mahasiswa untuk menjaga nama baik almamater. Jangan sampai nama baik Unair yang mendunia itu tercoreng.

Ia mengatakan bahwa Unair saat ini berada pada posisi nomor 1 di dunia sebagai perguruan tinggi yang konsen dalam mengentaskan kemiskinan (no poverty).

“Hari ini kita akan punya misi khusus dan mempunyai komitmen ke depan dalam rangka menghilangkan kemiskinan di Indonesia. Dan tunjukkanlah bahwa kita arek-arek Unair yang memiliki moralitas yang tinggi,” paparnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait