Rektor UNM Lounching Gerakan 500 PKM 2018

  • Whatsapp

Citizen Reporter

Laporan: Burhanuddin
Kepala Humas UNM

Rektor Universitas Negeri Makassar, sosialisasi dan launching gerakan 500 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
2018.

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM), di Aula Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, Selasa (3/10/2017).

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Husain Syam menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi dan launching 500 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) memiliki dampak secara signifikan dalam meningkatkan judul PKM yang lolos dan berhasil mendapat dana dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Ditahun 2017 ini jumlah penelitian yang berhasil lolos tingkat Universitas Negeri Makassar sebanyak 33 judul dan penelitian ini berhasil menerima biaya penelitian dari Kemenristekdikti selain itu dengan PKM dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa,” ucapnya.

Sejak sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) telah dilakukan sejak 2016 lalu, sambung Mantan Dekan Fakultas Teknik ini, mengaku selain jumlah judul penelitian yang dikirim mengalami peningkatan juga dengan meningkatnya judul penelitian yang lolos ini merupakan semangat seluruh civitas akademika utamanya pemabntu rektor III selaku bagian kemahasiswaan dengan harapan target penelitian tahun 2018 ini teracapai yakni 100 penelitian yang lolos.

“Untuk mencapai target ini sebanyak 100 penelitian yang lolos maka ada beberapa yang harus kami tempuh yakni terus meningkatkan workshop dan terus melakukan pembimbingan kepada seluruh mahasiswa agar target kami dapat tetcapai yakni 100 penilitian yang lolos selain itu bimbingan ini mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, mereka nanti benar-benar mendapat sesuatu yang bisa benilai dan juga merupakan bahan Kreativitas Mahasiswa nilai pemeringkatan Universitas,” ucapnya.

Ia juga mengaku pembimbingan tidak hanya bisa dilakukan oleh pihak dosen pembimbing tapi bimbingan ini bisa dilakukan oleh mahasiswa yang telah berhasil sebelumnya.

Sementara Ketua Panitia, Bakhrani Rauf mengatakan gerakan 500 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) tahun 2017 yang berhasil lolos yakni 33 judul tingkat Universitas, 20 diantaranya dari Fakultas Teknik termasuk 2 diantaranya berhasil lolos pada Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang ke 30 tahun 2017.

“Alhamdulillah dari 33 judul penelitian yang lolos tingkat Universitas Negeri Makassar 20 diantaranya berhasil berasal dari Fakultas Teknik termasuk dua diantaranya yang mewakili UNM pada PIMNAS baru-baru dilaksanakan dan ini merupakan suatu prestasi yang perlu diapresiasi,” tukasnya.

Lebih lanjut Pembantu Dekan III Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar ini menegaskan untuk meningkatkan lagi jumlah penelitian yang lolos setelah sosialisasi dan launching PKM 2018 Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar akan mengadakan sekolah PKM disamping ada pendampingan dan pembimbingan proposal.

“Selain mengadakan sekolah PKM disamping ada pendampingan dan pembimbingan proposal, juga penelitian yang telaj diajukan dan belum lolos akan ada perbaikan sehingga setelah diperbaiki dapat diajukan kembali,” pungkasnya.

Ia juga mengaku mahasiswa yang memiliki judul terbaik akan mendapatkan door prize sebuah motor pada tahun 2018, dan kali ini Rektor Universitas Negeri Makassar telah menyerahkan door prize berupa motor terhadap mahasiswa memiliki PKM terbaik.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *