Resep Makanan Indonesia Yang Terkenal Dan Mudah Dibuat

  • Whatsapp

beritalima.com | Mencintai negeri sendiri yaitu Indonesia bisa berbagai cara. Salah satunya adalah dengan lebih mencintai makanan Indonesia. Makanan Indonesia memang memiliki citra rasa sendiri dan berbeda dari makanan negara lainnya. Makanan Indonesia bahkan bisa bersaing dengan makanan dari negara lainnya. Tidak mengherankan jika makanan Indonesia sangat laris di Amerika dan berbagai negara Asia lainnya. Jika anda bertanya-tanya apakah benar? Anda bisa memastikannya sendiri. Tempe saja bisa sangat digemari oleh orang luar. Jadi mulailah mencintai makanan Indonesia. Bahkan anda bisa mulai membuatnya sendiri di rumah makanan Indonesia. Berikut resep masakan Indonesia yang terkenal dan bisa dibuat di rumah.

  1. Soto

Makanan Indonesia yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi rasanya. Soto di Indonesia sendiri banyak sekali ragamnya. Ada soto betawi, soto Bandung, soto makassar dan lainnya. Namun yang akan kita buat kali ini adalah soto dengan kuah bening. Bahan-bahan yang diperlukan adalah daging ayam, kunyit, bawang putih dan merah, jahe, ketumbar, merica, lengkuas, daun jeruk, sereh, garam, mie bihun, kol. Toge, daun seledri, cabe, dan tomat.

Cara Membuatnya anda haluskan bumbu seperti kunyit, jahe, bawang putih dan merah, ketumbar, merica. Kemudian setelah halus tumis hingga wangi dengan memasukkan daun jeruk, sereh dan irisan lengkuas. Tambahkan air lumayan banyak. Lalu masukkan ayam yang sudah dicuci bersih. Masak hingga matang. Sambil menunggu, anda siapkan mie bihun yang direbus. Tiriskan mie dan taruh dalam wadah. Potongn-potong kol dan tomat. Masukkan tomat pada kuah soto ayam. Lalu anda juga jangan lupa cuci toge dan potong daun seledri.

  1. Sate Maranggi

Resep makanan Indonesia yang enak dan bisa anda buat sendiri di rumah adalah sate maranggi. Sate maranggi adalah sate yang hanya menggunakan bumbu kecap saja. Bahan-bahan yang diperluka daging kambing, lengkuas, sereh, ketumbar, merica, bawang putih dan merah, kecap.

Pertama anda potong-potongn dulu daging kambing. Setelah itu anda buat bumbu untuk merendamnya yaitu lengkuas, sereh, ketubar, merica, bawang merah dan putih dengan dihaluskan. Setelah itu anda masukkan pada daging kambing yang sudah dipotong-potong. Rendam selama semalamam dengan ditutup daun pepaya. Lalu keesekon harinnya anda tusuk-tusuk daging kambing. Panggang atau bakar. Setelah matang beri bumbu kecap. Lebih enak lagi anda bisa menaburi bawang goreng.

  1. Urap

Makanan yang satu ini sangat sehat karena terdiri dari sayur-sayuran. Makanan ini bisa menjadi pilihan anda untuk diet juga. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah daun singkong, toge, bayam, kol. Kacang panjang, kelapa parut, cabe merah, gula merah, terasi, dan garam.

Hal yang anda lakukan pertama kali adalah dengan membuat bumbu urapnya. Jadi anda ulek atau tumbuk cabe merah, gula merah, sedikit terasi dan garam. Setelah itu taruh pada kelapa parut. Kemudian anda rebus semua sayurannya. Setelah itu sayuran diaduk rata dengan bumbu kelapa parut. Jika anda ingin urap bertahan lama, anda bisa menumisnya tanpa minyak sebentar saja. Anda bisa memakan urap dengan tempe goreng atau telur rebus. Dengan kerupuk juga enak rasanya.

Beberapa resep di atas memang bisa anda buat sendiri. Jika anda merasa makanan diatas sangat susah. Anda bisa melihat tutorial memasak dari para chef di youtube yang banyak tersedua. Jadi anda bisa lebih paham cara memasaknya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait