Resep Masakan Rendang Daging Sapi

  • Whatsapp

beritalima.com | Kamu bosan dengan olahan daging ayam? Bagaimana dengan daging sapi? Walaupun harganya memang lebih mahal dibandingkan ayam, ikan, daging kambing dan sapi memang memiliki cita rasa tersendiri. Biasanya, daging sapi dihidangkan pada acara-acara besar, seperti hari raya Idul Adha.

Daging sapi merupakan sumber protein, zat besi, zinc, vitamin B12, omega 3, vitamin B6, fosfor, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, mengonsumsi daging sapi sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Tapi tentu dengan porsi secukupnya dan tergantung olahanya, kalau kuah santan sudah pasti nggak sehat dong.

Ini Resepnya untuk masak Rendang :

Rendang

Bahan Utama:

1 kg daging sapi

Bumbu halus :

1. 100 gr bawang merah

2. 8 siung bawang putih

3. 10 cabe rawit

4. 200 gr cabe merah keriting

5. 100 gr jahe

6. 200 gr lengkuas

7. 1 batang serai

8. 1 sdm ketumbar

9. 1 sdt kayu manis

10. 1 buah biji pala

11. 5 buah bunga lawang

12. 5 buah kapulaga

13. 10 buah cengkeh

14. 2 buah kemiri

15. 5 lembar daun jeruk

Bumbu pelengkap:

1. 1 batang serai, ikat lalu geprek

2. 5 lembar daun salam

3. 5 lembar daun jeruk

Cara Memasak:

Pertama membuat santan pati. Gunakan 4 butir kelapa paru,t remas remas sampai berair. Gunakan kain serbet bersih untuk menyaring sampai keluar santannya. Tambahkan air putih sebanyak 2 liter untuk membuat santan lebih encer

Sangrai semua bumbu kering. Lalu, haluskan dengan bumbu halus lainnya dengan di ulek atau diblender bersama minyak

Tumis bumbu halus (bumbu blender) tanpa minyak. Tumis hingga matang dan minyak cabai keluar serta kandungan air dari bumbu habis. Kemudian, tuangkan santan encer. Aduk terus hingga santan surut sebanyak 2 ruas jari dari permukaan

Masukkan daging dan masak dengan api kecil hingga kalio. Aduk sesekali agar matang merata. Setelah jadi kalio masukkan santan pati dan masak kembali sampai warna sesuai dengan selera. Rendang pun siap disantap!. (r)

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *