Ribuan Warga Depok Vaksin di Sentra Vaksin Indonesia Bangkit

  • Whatsapp

DEPOK, beritalima.com | Dua pekan sejak dibuka, Sentra Vaksin Indonesia Bangkit telah melakukan suntik vaksin Covid-19 kepada sekitar 5.700 warga. Selain itu juga kepada sekitar 500 relawan gabungan dari anggota Ikatan Alumni UI, karyawan XL Axiata dan tenaga medis RSUI.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Johnny G Plate, meninjau program yang diinisiasi PT XL Axiata Tbk dan Rumah Sakit UI tersebut ini, Senin (5/4/2021). Bersamanya hadir pula Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, Direktur Utama RSUI, dr. Astuti Giantini, Sp. PK, MPH, dan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, Pemerintah mengapresiasi dukungan masyarakat dan kalangan swasta yang telah menyediakan dan mengorganisir sentra-sentra vaksin di tengah masyarakat, yang memudahkan pemerintah dalam mempercepat proses vaksinasi secara merata.

“Secara khusus saya sampaikan apresiasi kepada XL Axiata, UI, dan RSUI, serta semua pihak yang ikut mendukung penyelenggaraan Sentra Vaksin Indonesia Bangkit ini. Saya berharap, dukungan yang telah diberikan oleh berbagai kalangan swasta ini bisa menginspirasi perusahaan-perusahaan lain untuk ikut membuka sentra-sentra vaksinasi di berbagai daerah,” lanjutnya.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, setiap hari pihaknya memantau vaksinasi di RSUI ini, dan menurutnya berjalan lancar dan baik sesuai yang diharapkan. “Agar vaksinasi terus merata di Depok, kami berharap semakin banyak warga Depok yang memanfaatkan fasilitas vaksinasi ini,” ujar Dian.

Menurut Dian, program Sentra Vaksin Indonesia Bangkit di Depok yang dikoordinasi oleh XL Axiata ini merupakan yang pertama digelar sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Wilayah Jawa Barat adalah salah satu fokus wilayah pendistribusian vaksin, karena merupakan wilayah penyangga Ibu Kota.

Mulai dibuka sejak 23 Maret 2021, Sentra Vaksin Indonesia Bangkit ini digelar selama dua bulan di Gedung Parkir Rumah Sakit UI, Depok. Proses vaksinasi dilaksanakan secara drive thru di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan dan institusi yang berwenang lainnya. Dalam satu hari bisa dilakukan vaksinasi kepada 500-1.000 orang. Jalur drive thru yang disediakan bisa menampung hingga 1.000 mobil.

Warga yang ingin mengikuti vaksinasi wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh pihak RSUI.

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi Senin-Jumat (di luar hari libur), mulai pukul 08.00 hingga 16.00 setiap hari (kedatangan maksimal pukul 15.00).

Teks Foto: Menkominfo Johnny G Plate (kanan) bersama Dirut RSUI Astuti Giantini (tengah) dan Presdir & CEO XL Axiata Dian Siswarini (kiri) saat meninjau program Sentra Vaksin Indonesia Bangkit di RSUI Depok. Senin (5/4/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait