RSU Al-Islam H.M.Mawardi Krian Bantu Perlindungan Jamsostek 1.100 Pekerja Rentan

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com | Memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-17, Rumah Sakit Umum (RSU) Al-Islam H.M.Mawardi Krian, Sidoarjo, menggelar berbagai kegiatan, di antaranya memberikan bantuan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan pada 1.100 pekerja rentan, Rabu (3/8/2022).

Direktur RSU Al-Islam H.M.Mawardi, dr. Suhadi Sp.RAD, mengatakan, bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) yang diberikan kepada 1.100 pekerja rentan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan bentuk kepedulian RSU Al-Islam H.M.Mawardi terhadap pentingnya perlindungan bagi para pekerja rentan.

Suhadi berharap, seluruh masyarakat pekerja utamanya yang beresiko dan tidak mampu juga tercover jaminan sosial. Menurutnya, ini merupakan cita-cita nasional. “Jadi semua pekerja semestinya harus terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan, harus mendapat pelayanan kesehatan, tidak ada lagi kasta-kasta yang mampu dan yang tidak mampu,” ujar Suhadi.

Dia pun berharap kedepan bisa meningkatkan jumlah pekerja rentan di lingkungan perusahaan atau rumah sakit ini. “Kami telah mendaftarkan seluruh karyawan RSU Al-Islam H.M.Mawardi ke program lengkap BPJS Ketenagakerjaan. Dan kini saatnya kami juga membantu perlindungan pada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ketua YAPALIS Drs M.Lutfi Yahya, mengatakan, program kedepan pihaknya menambah fasilitas pelayanan rawat inap dan peralatan medis yang dibutuhkan. Selain itu, untuk program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, pihaknya juga akan mendaftarkan siswa SMK yang magang kerja ke BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnya, program perlindungan jamsostek ini sangat penting, tidak hanya bagi karyawan dan pekerja rentan, tapi juga bagi siswa magang kerja. Dia sebutkan, yayasan ini, selain menaungi perumahsakitan juga pendidikan yang di antaranya meliputi SD, SMP, SMA, SMK dan Pondok Pesantren.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Krian, Nurhadi Wijayanto, menyampaikan apresiasinya pada RSU Al-Islam H.M.Mawardi yang peduli perlindungan pekerja rentan. Nurhadi menjelaskan, program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan adalah program bantuan perlindungan pada pekerja yang tak mampu daftar BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri karena keterbatasan penghasilan, sehingga mereka bisa mendapatkan jaminan sosial jika mengalami musibah kecelakaan kerja dan kematian.

“Program GN Lingkaran ini merupakan inovasi sosial yang ditujukan untuk membantu perlindungan pekerja rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Nurhadi. “Anggaran untuk program ini bersumber dari dana CSR perusahaan-perusahaan swasta, BUMN/BUMD ataupun sumbangan masyarakat secara individual,” jelasnya.

Nurhadi berharap bantuan dari RSU Al-Islam H.M.Mawardi ini sebagai pemicu para pekerja rentan tersebut untuk menjadi peserta mandiri ke depannya. Selain itu dia berharap ini akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain.

Menurutnya, perlindungan bagi tenaga kerja rentan merupakan tanggung jawab kita bersama. Partisipasi dari seluruh perusahaan peserta di Krian dan sekitarnya sangat diperlukan. “Semakin banyak pekerja rentan yang terlindungi dalan program GN Lingkaran semakin dekat negara Indonesia tercinta menuju welfare state,” ujarnya.

Dijelaskan, dengan adanya bantuan perlindungan jamsostek ini, ketika pekerja yang didaftarkan mengalami resiko kecelakaan kerja, sudah tidak ada kesulitan karena seluruh biaya pengobatan dan perawatan medis telah ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Juga ketika pekerja meninggal dunia, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santunan kematian kepada ahli warisnya. Lebih dari itu, ada beasiswa untuk 2 anak mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi, sehingga diharapkan tidak ada anak yang tidak kuliah.

Dalam acara peringatan Harlah ke-17 ini, selain dilakukan penyerahan simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada 4 pekerja yang mewakili 1.100 pekerja rentan, juga diumumkan hasil lomba bikin tumpeng yang diikuti 15 kelompok peserta.

Kemudian, Kamis (4/8/2022) diadakan pula lomba cerdas cermat. Dan, Sabtu (6/8/2022), masih dalam rangka Perayaan Harlah Ke-17, juga akan diadakan kegiatan donor darah serta jalan sehat untuk masyarakat umum. (Gan)

Teks Foto: Salah satu rangkaian acara Harlah Ke-17 RSU Al-Islam H.M.Mawardi, memberikan bantuan CSR untuk perlindungan jamsostek pada 1.100 pekerja rentan, Rabu (3/8/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait