Sah! Musprop HKTI Jatim Menetapkan Bupati Ngawi Sebagai Ketua

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Telah berlangsung, Musyawarah Daerah Provinsi (MusdaProv) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Timur ke IX di Kediaman Bupati Ngawi Sabtu (31/7/21).

MusdaProv tersebut diikuti secara virtual oleh 7 KORWIL HKTI dan 30 DPC Kabupaten/Kota se Jatim. Hadir membuka acara sekaligus membacakan sambutan Ketua Umum DPP adalah Wakil Ketua DPP Bidang OKK HKTI Handoko.

Dihadapan peserta MusdaProv, Handoko mengatakan, momen ini cukup mengharukan sebab ditengah Pandemi Covid-19, namun DPD HKTI JATIM tetap menjalankan tugasnya melaksanakan MusProv guna merevitalisasi organisasi.

Lebih lanjut, Handoko mengatakan, revitalisasi organisasi harus tetap di laksanakan sebagai HKTI berkontribusi untuk kemaslahatan petani.

“Terima kasih saya sampaikan kepada rekan Panpel MusdaProv dan Pak Bupati sudah fasilitasi MusdaProv HKTI Jatim ke IX ini” kata Handoko.

MusdaProv HKTI Jatim secara daring dinilai telah memenuhi qourum, dengan demikian acara dapat dilaksanakan untuk dilanjutkan.

“Karena telah memenuhi qourum MusdaProv HKTI dapat dilaksanakan,” kata Agus Prastowo pimpinan sidang MusdaProv HKTI Jatim ke IX.

Menurut Agus Prastowo, Ony Anwar Harsono layak menjadi ketua DPD HKTI Jatim dimana Ony Anwar Harsono juga sebagai Bupati Ngawi karena Ngawi memiliki pertanian terbaik di Jawa Timur.

“Selain beliau memiliki akses kemana mana, beliau juga sudah direstui oleh ketua umum melalui surat rekomendasi Ketua Umum dan ini sah,” tegas Agus Prastowo.

Selanjutnya Kandidat Ketua DPD HKTI Jatim periode 2021-2026 satu-satunya Calon Ketua menyerahkan rekomendasi semua Korwil dan rekomendasi dari DPP HKTI pusat.

7 korwil bersama mayoritas DPC HKTI Kabupaten maupun Kota menyatakan mendukung, memilih dan menetapkan Ony Anwar Harsono, sebagai Ketua DPD HKTI Jatim masa bakti 2021 – 2026.

Saat dikonfirmasi di lokasi acara, T. Syaiful Azhari selaku sekretaris panitia penyelenggara mengatakan, MusdaProv HKTI Jatim ke IX ini diselenggarakan dengan cara Hybrid untuk menetapkan ketua terpilih berdasarkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat di Jakarta.

“Seperti yang kita lihat tadi di Zoom, semua Kabupaten/Kota yang hadir menyetujui semua visi dan misi beliau sebelum ditetapkan sebagai ketua terpilih,” terang Syaiful Azhari.

Sedangkan secara virtual, Ir. Priyo Hartanto selaku Ketua Panpel Musprop HKTI, menjelaskan harapannya.

“Harapan kita semua agar HKTI Jatim kedepan tetep guyub rukun sehingga keberadaannya semakin membawa masyarakat petani Jawa Timur yang bermaslahat. Semoga spirit kerukunan HKTI menjadi stimulus penting terwujudnya Jatim yang gemah ripah loh jinawi.”

Sementara itu, Ketua DPD HKTI Jatim terpilih Ony Anwar Harsono menyatakan, kedepan dibawah kepemimpinannya, akan meningkatkan SDM HKTI Jatim menjadi lebih baik.

“SDM yang baik dan mandiri. Petani harus lebih baik, yang sudah baik menjadi lebih baik. Maka saya berkomitmen menyapa dan berikan sentuhan kepada petani seluruh Jatim,” aku Ony.

Ony optimis dengan guyup rukun, kompak didukung program fisibel sebagai upaya HKTI berkontribusi bagi kemajuan Pertanian di provinsi Jatim.

Sesuai dengan tema MusdaProv HKTI Jatim ke IX, Ony Anwar menyampaikan, visi misinya sebagai ketua DPD HKTI Jawa Timur terpilih adalah, Kemandirian Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan Menuju Petani Jawa Timur Bangkit.

“Bagaimana peningkatan-peningkatan SDM petani kita dari hari ke hari itu lebih baik khususnya di Jawa Timur, pendampingan pendampingan lebih dikuatkan pada kelembagaan dan kerjasama seperti kolaborasi semua pemangku kebijakan entah itu provinsi, daerah sampai stakeholder pemangku kebijakan lainnya juga turut membantu tercapainya cita cita HKTI Jawa Timur,” tandas Ony Anwar Harsono.

Untuk swasembada pertanian di Kabupaten Ngawi, Ony Anwan Harsono menambahkan, pihaknya fokus pada komoditi Pajale (padi, jagung dan kedelai) dimana untuk padi sendiri Kabupaten Ngawi produksi padi sudah surplus namun jagung dan kedelai harus terus didorong disamping kegiatan holtikultura yang lain serta tanaman buah dan lainnya, selain itu komoditi ekspor, komoditi komoditi ekonomi tinggi seperti Porang dan sebagainya juga sedang digenjot dengan menggandeng beberapa pihak swasta sehingga nantinya bisa disentuh, tapi fokus kegiatan dari Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi adalah Kemandirian Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan untuk Swasembada komoditas Pajale.

Tak jauh berbeda, Ketua Perempuan Tani HKTI Wilayah Provinsi Jawa Timur Lia Istifhama yang juga hadir dalam acara MusdaProv menyebutkan, keberadaan perempuan tani merupakan motivasi dalam peningkatan pertanian dalam hal ini petani lebih bergairah ketika turun ke bawah, pihaknya mengajak petani untuk diskusi agar bersama sama bersemangat.

“Kami sebagai Perempuan Tani HKTI Wilayah Provinsi Jawa Timur mengucapkan selamat dan sukses kepada bapak Bupati Ngawi sebagai ketua DPD HKTI Jawa Timur, kami berharap, DPD HKTI Jawa Timur dan Perempuan Tani HKTI Wilayah Provinsi Jawa Timur sama sama bisa bersinergi,” tutup Ning Lia sapaan akrabnya. (red)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait