Salurkan BLT DD Tiga Bulan, Ini Harapan Kades Tegalrejo

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Guna Penanggulangan wabah Virus covid-19, Pemerintah Pusat melalui Desa berikan bantuan berupa uang tunai.

Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), diharapkan, dapat membantu masyarakat yang terdampak wabah virus covid-19.

Seperti halnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Tegalrejo, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, hari ini realisasikan BLT DD ke warganya. realisasi BLT DD Tahun 2022, untuk 3 bulan sekaligus, yakni, bulan April – Juni.

Kades Tegalrejo Qorib Rohadi menuturkan, sudah selesai realisasikan ke seluruh warga penerima BLT DD Bulan April-Juni.

“Alhamdulillah sudah disampaikan kepada seluruh penerima BLT DD, dan didampingi oleh bhabinsa dan bhabinkamtibmas, serta seluruh perangkat Desa,” tutur Kades, Selasa 5 April 2022.

Tahun 2022, Desa Tegalrejo ada perubahan KPM (keluarga Penerima Manfaat), dibanding Tahun lalu. Karena, harus memenuhi kuota 40%

“Ada perubahan KPM, tahun lalu hanya 60, sekarang menjadi 99 KPM. Karena, tuntutan dari Pemerintah Pusat harus 40% dari anggaran Dana Desa yang diterima,” ungkap Kades Qorib.

Pemdes Tegalrejo juga berharap, penerima BLT DD bisa manfaatkan anggaran yang sudah diberikan oleh Pemerintah Pusat dengan bijak.

” BLT DD yang sudah diterima oleh masyarakat, mudah-mudahan bisa membantu kehidupannya. Dikarenakan, mereka yang menerima memang sangat membutuhkan. Mayoritas warga yang menerima cukup tua, bahkan, ada yang disabilitas,” lanjut Kades.

Selain itu, sekdes juga menyampaikan, bantuan sudah sesuai dengan kriteria dan diambil dari 2 Dusun, yaitu, Dusun Klaten dan Dusun Tegalrejo.

“Warga Dari 2 Dusun yang mendapatkan BLT DD, sudah sesuai dengan klasifikasi dan verifikasi. Mulai dari tingkat RT/RW hingga ke Desa, sudah dicari data yang tidak ganda, dan dimusyawarahkan dengan seluruh perangkat Desa dan para tokoh masyarakat,” terang Kades.

Kades menambahkan, dengan adanya bantuan BLT DD yang diprogramkan Pemerintah, bisa membantu kebutuhan warga, sehingga, bisa meringankan beban warga.

Sementara itu, Kades juga berpesan, karena situasi masih pandemi sampai saat ini, tetap dimohon mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes). Menggunakan masker,mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

“Selain Prokes, akhir- akhir ini ada varian virus baru Omicron, yang penularannya sangat cepat, jadi kami himbau supaya benar- benar bisa menjaga kesehatan,” jelasnya.

Kades berharap, bantuan BLT DD ini dipergunakan sebaik mungkin, masyarakat membeli kebutuhan yang penting, terutama bahan pokok.

“Masyarakat membeli kebutuhan yang dianggap penting dan mendesak, seperti sembako, kebutuhan mendesak sehari-hari, dan lainnya,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait