Sambut Ramadhan, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok di Kepulauan Sula Naik Tajam

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com ||  Sambu Ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara sudah bertahan mahal, kini berlanjut mengalami kenaikan.

Seperti komoditas tomat yang pada akhir pekan kemarin sempat berada di kisaran Rp 15 ribu hingga Rp18 ribu per Kg, pada Senin (11/3/24) ini mengalami kenaikan hingga menyentuh Rp 20 ribu per kg. Kemudian cabai merah yang pada akhir pekan kemarin berada di kisaran Rp 60 ribuan, mendadak naik hingga menyentuh Rp 80 ribu per Kg nya.

“Untuk harga cabai merah sendiri di Pasar Basanohi terpantau bergerak dalam rentang Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu. Meskipun untuk harga Rp 70 ribu memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan harga Rp 80 ribuan per Kg,” ujar Nafsah sala satu pedagang kaki lima di Pasar Basanohi

Selain cabai merah, lanjut Nafsah, harga cabai rawit juga terpantau mengalami kenaikan di kisaran Rp 40 hingga Rp 50 ribu per Kg nya.

Sementara untuk harga daging sapi, dari pedagang besar mengalami kenaikan sekitar Rp 2 ribuan per Kg. Namun di tingkat pedagang pengecer harga daging sapi relatif tidak banyak mengalami perubahan.

“Harga daging sapi masih ditransaksikan dalam rentang angka Rp120 ribu hingga Rp135 ribu per Kg nya. Kalau ada temuan kenaikan harga saya pikir ini sifatnya relatif dan sementara,” sebutnya

Menurutnya, kenaikan beberapa komoditas khususnya pangan hortikultura ini mengalami kenaikan. Sementara, ekspektasi awal Ramadhan jatuh pada Selasa besok, sejumlah harga pangan lainnya terpantau bergerak naik. Harga daging ayam masih dijual dalam kisaran Rp 55 ribu per Kg.

“Demand atau permintaan terpantau mengalami peningkatan dalam 2 hari terakhir, sekalipun harga daging ayam terbilang sangat mahal. Telur ayam juga masih stabil setelah sempat naik di bulan Februari,” ujarnya.

Harga minyak goreng curah dan gula pasir juga masih terpantau stabil. Minyak greng curah dijual di kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per Kg, dan gula pasir berada di kisaran Rp 20 ribu per Kg nya. Sementara itu, harga beras juga terpantau kembali mengalami kenaikan di kisaran Rp 15 hingga 20 per Kg,” pungkasnya. [dn]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait