Sambut Tim Verifikasi, Kota Madiun Siap Raih Predikat Kota Sehat

  • Whatsapp
www.beritalima.com

MADIUN, beritalima.com- Kota Madiun, Jawa Timur, semakin dekat dengan predikat Kota Sehat Swastisaba Wistara tahun ini. Berbagai indikator penghargaan kota sehat level tiga itu dinilai sudah baik. Bahkan, indikator pendukung di luar penilaian tersebut juga sudah banyak yang terpenuhi. Tak heran, Kota Madiun cukup siap menerima kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat tingkat nasional tahun ini.

‘’Untuk level ini kan ada enam tatanan yang dinilai. Diluar itu banyak pendukung yang juga sudah baik di kota kita. Insya Allah kita dapat penghargaan kota sehat,’’ kata Walikota Madiun, H. Maidi, usai menerima Tim Verifikasi Kota Sehat tingkat nasional, Selasa 3 September 2019, malam.

Tingkat Wistara mewajibkan pemerintah daerah melewati verifikasi minimal lima tatanan. Kota Madiun cukup dapat bernafas lega. Sebab, sudah memiliki enam tatanan. Yakni, pemukiman dan sarana dan prasana sehat, kawasan lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, dan terakhir tatanan kehidupan sosial yang sehat.

‘’Bahkan, di luar itu kita memiliki banyak indikator pendukung. Median jalan yang bagus, lampu-lampu jalan yang baik, masjid serta sekolah yang juga bagus. Nah, ini semua kan diluar tatanan tadi. Yang di luar tatanan saja kita sudah bagus, apalagi yang akan dinilai. Pasti sudah lebih kita siapkan,’’ tambahnya.

Tim verifikasi dari berbagai kementerian terkait dan Pemprov Jawa Timur sebagai pendamping akan melakukan penilaian lapang di sejumlah titik di Kota Madiun, Rabu (4/9).

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Walikota berharap seluruh OPD dapat mendampingi secara maksimal. ‘’Prinsipnya, entah ada penilaian atau tidak, pemerintah akan terus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan ini akan terus ditingkatkan,’’ ujarnya pungkasnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Untuk diketahui, Kota Madiun mengikuti verifikasi kota sehat tingkat nasional dengan enam tatanan atau Swastisaba Wistara tahun ini. Predikat itu cukup mungkin didapat. Apalagi, Kota Madiun memiliki cukup modal. Kota Madiun sudah mendapat predikat Kota Sehat dua tingkat di bawahnya. Yakni, tingkat Padapa dan Wiwerda. Bahkan, Kota Madiun sejatinya sudah memenuhi tingkat Wistara saat penghargaan dari Kementerian Kesehatan itu pada kali terakhir lalu. Namun, aturan tidak membolehkan loncat tingkatan. Tak heran, Kota Madiun terpaksa berpuas dengan predikat Wiwerda terlebih dulu. (Kominfo. Editor: Dibyo).

www.beritalima.com
www.beritalima.com

H. Maidi (kiri bawah).

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *