Satgas Nemangkawi Lakukan Penyisiran Dan Evakuasi

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com. Personel Satgas Nemangkawi melakukan penyisiran dan pengamanan terhadap Karyawan PT. Indo Papua yang masih berada di Camp Kali Yegi Jalan Trans Papua Dekai Yahukimo ke Kenyam Nduga Kabupaten Yahukimo.

Pukul 08.00 WIT personel Satgas Nemangkawi menggunakan 1 (satu) unit mobil Hilux singgah di PT Indo Papua, guna mengecek dan membantu evakuasi barang-barang milik kariawan untuk diamankan di tempat pengungsian.

Pukul 08.35 WIT, personel gabungan bergeser melanjutkan perjalanan menuju ke TKP, saat diperjalanan personel Satgas Nemangkawi menghadang 1 (satu) unit mobil yang mencurigakan yang menuju kearah Kota, kemudian melakukan pemeriksaan terhadap mobil tersebut dan di temukan 3 (tiga) Hp yang akan dilidik Lebih lanjut di Sat Reskrim Polres Yahukimo.

Tiba di TKP Jembatan Kali Braza, rombongan ditembaki dari arah bukit seberang Kali Brazza personel Satgas Nemangkawi membalas tembakan, saat sudah tidak ada balasan tembakan dari KKB Wilayah Yahukimo personel melanjutkan perjalanan.

Pukul 10.24 WIT, personel Satgas Nemangkawi ditembaki dari arah sebelah kanan tepatnya di Pertigaan Jalan Trans Papua Dekai Yahukimo-Tanah Merah. Sehingga personel Satgas Nemangkawi membalas tembakan, saat sudah tidak ada balasan tembakan dari KKB Wilayah Yahukimo personel melanjutkan perjalanan 100 Meter kedepan terdapat 1(satu) pohon yang melintang memeleh Jalan dan ada 1 (satu) unit motor honda blade tanpa No Polisi dan selanjutnya personel memotong kayu dengan senso untuk membuka Jalan dan melanjutkan Perjalan.

Pukul 11.03 WIT, personel Satgas Nemangkawi tiba di Kampung Kali Bele melakukan Pengecekan Kampung di kali Bele selanjutnya personel melanjutkan perjalanan ke Camp Kali Yegi.

Pukul 11.48 WIT, personel Satgas Nemangkawi tiba di Kali Yegi dan langsung melakukan pengecekan di Camp Kali Yegi mencari Karyawan PT. Indo Papua yang masih berada di Camp Kali Yegi namun setelah dilakukan pengecekan, penyisiran di sekitar dan membunyikan Sirine dengan maksud karyawan keluar dari persembunyian apabila Karyawan bersembunyi di Hutan namun di Camp Kali Yegi tidak terdapat adanya Karyawan PT.Indo Papua.

Personel Satgas Nemangkawi bergerak kembali kearah Kota, kemudian pada Pukul 13.15 WIT, terjadi Kontak Tembak saat Perjalanan Pulang tepatnya 50 meter dari Kali Bele menuju arah Kota terjadi kontak tembak sekitar 30 Menit, saat kontak tembak personel berusaha bergerak maju namun terhalang pohon yang di tebang oleh KKB Wilayah Yahukimo selanjutnya Anggota melakukan pembersihan pohon yang menghalangi Jalan, pohon yang ditebang sebanyak 6 (enam) pohon setelah melakukan pembersihan dan kontak tembak berakhir rombongan melanjutkan perjalanan kearah Kota.

Pukul 15.30 WIT, Sekitar 500 meter dari Camp Induk PT. Indo Papua personel Satgas Nemangkawi mendapati Para Karyawan PT. Indo Papua yang telah menyelamatkan diri Pinggir Kali Braza di Rumah warga setempat, kemudian tim mengamankan keatas Kendaraan dan di bawa Menuju Mapolres Yahukimo.

Pukul 15.41 WIT, setelah melakukan evakuasi pekerja PT. Indo Papua selanjutnya personel Satgas Nemangkawi bergerak menuju kearah Kota dan personel beserta para pekerja PT. Indo Papua tiba di Mapolres Yahukimo.

AKP I Putu Edi Wirawan (Terkena Lekosit di Leher), Iptu Arif Rahman (Terkena Tembak di helem), Bripka Irwan (terkena Lekosit di Kaki Kanan), Bharatu Nimrot (Terkena Lekosit di Tangan Kanan)

Melakukan evakuasi terhadap karyawan PT. Indo Papua, mengevakuasi personel yang terluka untuk mendapatkan perawatan medis dan melakukan pengejaran terhadap kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH dalam kesempatannya menyampaikan saat ini anggota yang mengalami luka tembak telah mendapatkan perawatan medis.

“Personel gabungan akan terus melakukan tindak tegas terhadap kelompok-kelompok yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua,”tegas Kamal.

(Timika/lasatia)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait