Satu Abad NU, Bupati Karna Lepas Pawai Ribuan Siswa TK dan RA

  • Whatsapp
Bupati karna lepas pawai anak TK dan RA. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dan Ketua PCNU, KH. Muhiyidin Khotib, melepas pawai siswa-siswi Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA), Sabtu (15/10/2022). Acara tersebut berlangsung di Alun-alun Kota Situbondo.

Pawai ini dalam rangka memperingati satu abad berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) 1344-1444 H.

Dari pantauan Jurnalis Memo Indonesia.com, pawai ini diikuti oleh ribuan siswa-siswi TK dan RA. Start dimulai dari Alun-alun Kota Situbondo dan finish di Kantor PCNU setempat.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, selain memperingati satu abad NU, pawai tersebut juga untuk menyambut hari santri nasional. “Dengan acara ini semakin meneguhkan peran NU dan santri dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini merasa bangga dengan generasi muda NU. “Tadi kita saksikan bersama berbagai atribut kebesaran NU turut memeriahkan pawai. Mulai bendera NU, bendera merah putih, lambang burung garuda, ada juga peserta pawai membawa foto para pendiri NU sekaligus pahlawan nasional. Seperti KH. Hasyim Asy’ari; KH. Wahab Hasbullah dan KH.R. As’ad Syamsul Arifin, yang sekaligus pendiri dan pengasuh pondok pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo,” tegas Bung Karna.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini menyampaikan, pawai satu abad NU diikuti seluruh siswa-siswi TK dan RA dibawah naungan LP Maarif PCNU Situbondo. “Selain itu, kegiatan ini untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kami ingin acara ini betul-betul meriah. Karena beliau adalah Nabi yang membawa kebaikan bagi umat ini,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua PCNU Situbondo, KH. Muhiyidin Khotib, menjelaskan pawai siswa -siswi TK dan RA ini sebagai bentuk syiar serta menanamkan karakter ke-NU-an. Pawai siswa-siswi TK dan RA merupakan kick off satu abad NU. Ada berbagai rangkaian acara kegiatan PCNU Situbondo dalam rangka satu abad NU. Diantaranya lomba penulisan karya ilmiah atau hasil riset ke-NU-an, lomba fotografi dan videografi.

“Ini kick off peringatan satu abad NU, dan kita awali dengan pawai siswa-siswi TK dan RA. Nanti ada juga kegiatan napak tilas dan kegiatan-kegiatan lainnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, KH. Muhiyidin Khotib mengungkapkan, peringatan satu abad NU mengangkat tema “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru”. “Pilihan tema ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW tentang lahirnya pembaharu di setiap satu abad,” pungkasnya.

Sekedar informasi, berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, NU didirikan pada 16 Rajab 1344 Hijriah, itu berarti NU akan mencapai usia satu abad pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau bertepatan dengan 7 Februari 2023 mendatang. (*/ADV/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait