Sebulan, LRT Jurusan Stasiun Harjamukti Cimanggis – Stasiun Taman Mini Indonesia Indah Diuji Coba

  • Whatsapp

DEPOK, Beritalima.com | Light Rail Transit (LRT) jurusan Stasiun Harjamukti Cimanggis menuju Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII), mulai diuji coba selama satu bulan. Uji coba demi masih memastikan persinyalan sebelum mulai beroperasi.


Itu masih uji coba teknis terkait persinyalan bukan pelayanan penumpang. Karena masih lama beroperasinya,” terang Humas Ditjen Perkeretaapian, Pandi kepada Beritalima.com Kamis (29/10/2020).
Dia menerangkan, kegiatan ini biasanya di sebut uji coba fasilitas pengoprasian, sekaligus meninjau perkembangan sarana dan prasarana sudah sejauh mana. Ini masih dalam uji coba tahap pertama.
”Ini pertama kalinya kita uji coba LRT Jabodebek, jurusan Harjamukti ke TMII,” ucap Pandi.


Stasiun LRT Harjamukti, berada di Jalan Taman Bunga Wiladatika, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis. Jalur ini disebut dengan Jalur Lintas Pelayanan 1. Ada lima stasiun dalam jalur 1 tersebut, yaitu Stasiun Harjamukti, Ciracas, Kampung Rambutan, TMII dan terakhir Cawang.


”Jadi total ada lima stasiun pada Jalur Pelayanan 1. Sejauh ini pembangunannya sudah sesuai target,” tambah Pandi.
Setelah uji coba ini, masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui, salah satunya menyambungkan antar pengprasian dengan operarator agar terintegritas. Saat ini, sistem Geo Anol atau pengoprasian secara manual.
”Terakhir tahapan otomatis secara menyeluruh. Makanya semua harus bertahap dan perlahan, karena ini demi menunjang transportasi di Jabodebek,” ungkapnya.


Target penyelesaiannya sendiri, jika tidak ada kendala dan hambatan, pada pertengahan tahun 2022 LRT Jalur Pelayanan 1 yang menghubungkan Hajamukti TMII sudah dapat beroperasi.
Frd Andi, Beritalima.com

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait