Secangkir Kopi Untuk Seribu Bahasa

  • Whatsapp

ACEH TIMUR, beritalima.com – Untuk membangun konsep diri serta memupuk hubungan dengan orang lain diperlukan komunikasi sosial dengan masyarakat. Demikian juga halnya untuk mempererat tali silaturahim dan kerja sama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa serta terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan rakyat, Babinsa Ramil 09/Nurussalam Kodim 0104/Aceh Timur Kopda Rino W Coffe Morning guna melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga masyarakat wilayah binaan bertempat di Desa Paya Enje, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, Jum’at (14-09-2018).

Banyak cara untuk melaksanakan Komsos bersama masyarakat, seperti halnya yang dilakukan Babinsa yang satu ini, ia bergabung dengan warga binaannya yang saat itu sedang berkumpul di sebuah warung kopi, dan ia pun ikut memesan secangkir kopi, tidak hanya kongko-kongko saja, tetapi ia ikut berbicara dan membawa warganya ini ke topik pembicaraan untuk mengetahui perkembangan situasi wilayah binaan sekaligus untuk mempererat hubungan antara Babinsa dengan warga binaan.

Danramil 09/Nrs Kapten Arh Jumari mengatakan Komunikasi sosial merupakan salah satu metode Binter TNI AD yang dapat dilaksanakan secara teratur untuk mencapai tujuan komunikasi sosial sesuai dengan yang diharapkan.

Melalui komunikasi ini, Babinsa harus dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi. Dengan komunikasi juga dapat beradaptasi serta mengatasi masalah yang sedang terjadi, terangnya.

Ia pun menambahkan salah satu tujuan komunikasi sosial adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai nilai lama dan baru di masyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat.

Babinsa akan selalu mengadakan koordinasi dengan masyarakat guna bertukar informasi yang berkembang di wilayah binaan dalam deteksi dini dan cegah dini setiap ada pekembangan di wilayah.

Dengan komsos yang dilaksanakan secara rutin diharapkan terjadi sinergitas antara Babinsa, warga dan aparat desa sehingga tercipta situasi wilayah yang selalu aman, pungkas Danramil itu.

(rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *