Sejarah Terbentuknya Menwa berasal dari TNI Angkatan Laut

  • Whatsapp
Ketum Komenwa Datep Purwa Saputra bersama Dewan kehormatan Wibisono

Jakarta, Dalam rangka pembentukan komando Resimen Mahasiswa (Komenwa) dari Matra Laut, ternyata sejarah menwa pertama kali dibentuk oleh Angkatan Laut, pada tahun 1959 TNI -AL mendirikan Yon Kartatirta dan selanjutnya menjadi Resimen Mahatirta dari unsur perguruan tinggi maritim sewilayah dibawah pembinaan PANGDERAL III dalam rangka Wajib Latih (WALA) perebutan Irian Barat (TRIKORA) dan Kalimantan Utara (DwiKora).

TNI AD oleh Jendral A.H Nasution pada bulan Juni th 1959 mendirikan Resimen Mahawarman yang juga Jakarta dimana Kodam Siliwangi pada waktu itu mencakup DKI Jakarta.

Menurut Ketua Umum Komenwa Dr.Datep Purwa Saputra mengatakan bahwa sudah tepat kalo kita sekarang membentuk komponen pendukung (Komduk) dari Matra Laut, karena Sejarahnya tercatat demikian.

Lanjutnya, Resimen mahasiswa pada tahun 1962 melahirkan resimen mahajaya oleh pangdam V Jayakarta kol Umar Wirahadikusumah, selanjutnya pada tahun 1966 lahir Malawa UI. Dan pada tahun 1978 sesuai SKB tiga menteri menwa Mahatirta,Mahajaya bergabung menjadi Menwa Jayakarta dibawah pembinaan Kodam jaya.

Untuk saat ini sejak era reformasi pada tahun 2000 Menwa dibKampus menjadi UKM Bela Negara.

Pada tahun 2021, sesuai UU no.23/2019 Jo.PP no.03/2021 pasal 31 ayat 1 (b),Menwa sebagai Warga terlatih menjadi komduk sesuai matraTNI yakni Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara.

Sementara itu menurut Dewan kehormatan Komenwa dan pengamat militer Wibisono mengatakan bahwa untuk kondisi saat ini dibutuhkan peran aktif dari semua komponen bangsa dalam bela negara, terutama peran menwa dan alumni menwa untuk bersatu menghadapi tantangan bangsa kedepan.

” Di Era perang modern ini, peran alumni menwa dan menwa di perguruan tinggi sangat penting untuk menjaga rasa nasionalisme yang akhir akhir ini mulai luntur, saya berharap melalui Komenwa Indonesia, semua alumni menwa dan menwa yang ada di perguruan tinggi kembali bersatu dan berbuat untuk NKRI,” tandas wibisono menyatakan ke awak media di Jakarta Sabtu (08/01/2022).

Selanjutnya kedepan komenwa akan membentuk komduk dari tiga Matra dan berperan aktif sebagai komponen pendukung dalam bela negara. (RED)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait