Sejumlah Pejabat BPJAMSOSTEK Meriahkan Jalan Sehat Gojek

oleh -1 views

SURABAYA, beritalima.com | BPJAMSOSTEK hadir di acara jalan sehat keluarga besar Gojek Surabaya, Minggu (3/11/2019). Kehadiran mereka membuat acara yang start dan finishnya di Markas Gojek Jalan Raya Ngagel Surabaya ini semakin meriah.

Acara ini diikuti ratusan Driver Gojek Surabaya beserta keluarganya. Para pejabat BPJAMSOSTEK yang hadir di antaranya Deputi Direktur Wilayah Jawa Timur Dodo Suharto, Kepala Kantor Cabang Sidoarjo Muhyidin, dan Kepala Kantor Cabang Blitar Agus Dwi Fitriyanto.


Selain mereka, tampak pula Kepala Kantor Cabang Perintis (KCP) Krian Indriyatno, Kepala Bidang Keuangan Cabang Surabaya Tanjung Perak Yuniar Ristanto, dan Kepala Bidang Kepesertaan Surabaya Darmo Ferina Burhan.

Ditemui di sela acara, Dodo mengatakan, kehadiran BPJAMSOSTEK dalam kegiatan ini tak lain untuk mensuport kejayaan Gojek Surabaya, yang jumlah mitra/driver serta kepesertaan mereka pada BPJAMSOSTEK terus berkembang.

“Ini merupakan bentuk apresiasi kami pada para Mitra Gojek atas kesadarannya melindungi diri dengan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Dodo.

Dijelaskan oleh Dodo, kepesertaan Mitra Gojek pada BPJAMSOSTEK jumlahnya terus mengalami pertumbuhan, seiring semakin bertambahnya jumlah mereka. Di Surabaya, para pekerja jalanan ini terdaftar di BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Tanjung Perak.

Namun demikian, lanjut Dodo, masih banyak pula Driver Gojek yang belum daftar BPJAMSOSTEK. “Harapan kami, mereka yang belum daftar segera daftar,” lanjutnya.

Dodo mengingatkan, perlindungan jaminan sosial BPJAMSOSTEK sangat penting bagi setiap pekerja, terlebih bagi pekerja rentan kecelakaan kerja seperti Driver Gojek.

Dengan iuran yang hanya Rp 16.800,-/ bulan, mereka bila mengalami kecelakaan kerja seluruh biaya pengobatan dan perawatan medis ditanggung penuh tanpa batas oleh BPJAMSOSTEK. Dan jika sampai meninggal dunia, santuan buat ahliwarisnya 48 x upah, serta jika meninggal dunia bukan karena kerja santunannya Rp 24 juta.

Data dari PPS Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Tanjung Perak, Moch Arfan, menyebutkan, jumlah kepesertaan Mitra Gojek Surabaya hingga akhir Oktober 2019 tercatat sebanyak 11.218 tenaga kerja.

Kepesertaan mereka hampir separo dari jumlah peserta sektor bukan penerima upah (BPU) BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Tanjung Perak yang jumlahnya sebanyak 23.922 tenaga kerja.

Disebutkan pula, capaian kepesertaan BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Tanjung Perak sektor BPU itu telah melampaui dari yang ditargetkan tahun ini sebanyak 13.000 tenaga kerja.

Arfan juga mengemukakan, kepesertaan dari Mitra Gojek Surabaya cukup menggembirakan, karena di samping terus mengalami pertumbuhan, pembayaran iurannya dipotong langsung dari Gopay.

Sementara itu Candra N selaku Comunity Driver Gojek Surabaya menyampaikan banyak terimakasih atas suport BPJAMSOSTEK dalam kegiatan jalan sehat keluarga besar Gojek Surabaya dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini.

Candra mengakui, kolaborasi Gojek Surabaya dengan BPJAMSOSTEK membuat kegiatan ini semakin meriah. “Terimakasih,” ujarnya singkat. (Ganefo)

Teks Foto: Deputi Direktur Wilayah Jawa Timur Dodo Suharto (berdiri, 2 dari kanan) bersama beberapa Kakacab, KaKCP dan Kabid BPJAMSOSTEK serta perwakilan Gojek Surabaya di acara jalan sehat, Minggu (3/11/2019).