Sekjen: Dalam Kondisi Covid-19, Wakil Rakyat Tetap Lakukan Tugas Kedewanan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Walau dalam kondisi pandemi virus Vorona (Covid-19) melanda dunia termasuk Indonesia sejak tahun lalu, para wakil rakyat di Parlemen atau DPR RI tetap menyelengarakan kegiatan Rapat Kerja (Raker) dengan mitra kerja (Kementerian/Lembaga) secara fisik dengan protokol kesehatan ketat maupun virtual.

Itu disampaikan Sekjen DPR RI, Indra Iskandar dalam sambutan dia dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI bersama Pimpinan, anggota serta jajaran Sekretariat Jenderal DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) yang digelar Hall Hotel Santika Premier Ice Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan, Banten, Jum’at-Minggu, (18-20/6/).

“Sejak Covid-19 melanda Indonesia, DPR RI tetap berupaya melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga legislatif. Hal ini tampak DPR tetap melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga Legislatif, ” tegas Indra dalam diskusi bertema ‘Peran DPR RI Dalam Pemulihan Ekonomi ditengah Pandemi di Hotel Santika Premier Ice BSD (18/6/2021)

Dikatakan, Forum Komunikasi dan Sosialisasi ini merukan wadah dalam rangka silaturrahmi Pimpinan dan Anggota Dewan serta Lingkungan sekretariat Jendran DPR dan wartawan tegabung dalam Koordinatoriat wartawan Parlemen.

Tujuan diadakannya forum ini selain meningkatkan sinergitas antara Wakil Rakyat dengan wartawan Parlemen diharapkan jadi wadah meningkatkan sensitifitas wakil rakyat, wartawan dengan permasalahan yang dihadapi khususnya dalam masa Pandemi Covid-19 ini dengan cara bertukar pikiran, sehingga dapat input, masukan dan langkah strategis dalam pemulihan ekonomi Indonesia.

Forum silaturrahmi ini diadakan bersama wartawan Parlemen untuk pertama kali tahun ini. “Kita berharap apa yang disampaikan Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen ke depan bisa di sepakati kegiatan serupa digelar di Gorontalo. Dapilnya Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel.

Kegiatan yang diawali sambutan Wakil Ketua DPR bidang Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang) bilanjutkan diskusi dengan tema ‘Peran DPR Dalam Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi’. Sedangkan narasumber anggota Komisi VI DPR RI, bapak Ananta Wahana dari Dapil III Provinsi Banten dan Direktur Eksekutif Voxpol Center yang juga pengamat politik Pangi Sarwi Chaniago.

Selama Covid-19, DPR tetap berupaya melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga legislatif, bebarapa hari ini kita dengar banyak anggota DPR, pegawai, Pamdal, tenaga ahli dan beberapa tenaga kesehatan yang terpapar.

Walau demikian, kata Indra, DPR RI tetap menyelengarakan kegiatan rapat bersama pemerintah dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Rapat dilakukan secara fisik maupun virtual. Selain itu anggota DPR tetap terjun ke masyarakat melakukan penyerapan aspirasi, melaksanakan pengawasan terhadap kebijakan Pemerintah soal penanganan Covid-19 serta permaslahan yang dihadapi masyarakat.

“Exsistensi media juga selalu melekat setiap kegiatan kedewanan dan kehadiran media tak dapat dipisahkan sebab media sebagai distributor informasi mempunyai peran penting untuk menyalurkan informasi kepada masarakat,” kata Indra.

Media berperan meningkatkan pengetahuan dan menjawab keingintahuan masyarakat terkait upaya penanganan Covid-19 melalui penyampaian informasi yang berlandaskan data dan akurasi sehingga informasi yang disampaikan betul-betul terpercaya.

Pada kesempatan itu, Indra mengingat wartawan Parlemen yang kerap berinteraksi dengan wakil rakyat dalam mengali informasi, sangat memahami bagaimana usaha yang telah dilakukan anggota dewan dalam memperjuangkan hak rakyat serta mendorong Indonesia terlepas dari bencana pandemi Covid-19.

“Semoga pertemuan ini semakin mempererat dan menjaga hubungan baik yang telah dibangun antara DPR dan kesekjenan dengan seluruh teman-teman media khususnya teman-teman yang setiap hari bertugas meliput seluruh kegiatan kedewanan baik di dalam maupun diluar komplek Parlemen,” demikian Indra Iskandar. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait