Selain Cegah Bencana, Penghijauan Juga Memberikan Oksigen Bagi Mahluk Hidup

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com I Selain mencegah terjadinya bencana, penghijauan juga memberikan oksigen ke mahluk hidup.

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di bumi. Tumbuhan dapat menopang kehidupan makhluk hidup lainnya baik itu manusia atau hewan.

Bacaan Lainnya

Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia, di mana salah satunya sebagai sumber kehidupan bagi manusia dan hewan.

Salah satu yang dihasilkan tumbuhan adalah oksigen. Dimana oksigen adalah gas dengan rumus O2, tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, dan merupakan komponen dari kerak bumi.

Karena oksigen sangat diperlukan oleh makhluk hidup untuk bernapas. Tidak ada oksigen mustahil manusia bisa hidup.

“Semoga ini bermanfaat, sebagai sedekah oksigen bagi masyarakat sekitar,” kata Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf. La Ode M. Nurdin di lokasi penghijauan, Selasa (16/3/2021).

Sekitar seribu bibit pohon durian dan mangga, ditanam di lahan lokasi TMMD Kodim 0824 Jember ke-110 di wilayah lahan Perhutani Kecamatan Silo.

Dandim menyebut, daerah ini juga sangat membutuhkan tanaman perkebunan dan sangat membutuhkan, bagaimana oksigen ini harus dipelihara dan dijaga.

“Dengan wilayah yang luas, perlu dilakukan penghijauan,” tuturnya.

Disamping itu, Dandim melihat, pada dasarnya di wilayah tersebut sangat rawan bencana.

Maka dari itu, pada program TMMD ini bersama Satgas, Baznas, KONI, Pramuka, Kepolisian, Perhutani Jember, Muspika, Pemdes dan stakeholder lainnya, memberikan perhatian di wilayah terpencil.

Selain kegiatan fisik, non fisik penghijauan ini juga dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat.

“Masyarakat Silo lebih giat lagi dalam berekonomi. Ini juga bisa diwariskan kepada anak dan masyarakat sekitar,” ungkapnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait