beritalima.com

Seminar Nasional Digitalisasi Awali Kerjasama STIAMAK dan STIMARYO

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Managemen Kepelabuhanan (STIAMAK) Barunawati Surabaya terus berusaha meningkatkan mutu dan kualitasnya dengan menggandeng atau kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya.

beritalima.com

Kerjasama antar perguruan tinggi itu dilakukan STIAMAK di antarannya dengan Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (STIMARYO), yang perjanjian kerjasamanya telah ditandatangani di Gadung Barunawati Surabaya, Selasa (12/11/2019) kemarin.

Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Nugroho Dwi Priyohadi, mengatakan, perjanjian kerjasama dengan STIMARYO ini kerjasama di bidang Tridarma Perguruan Tinggi, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Dihatapkan dengan kerjasama ini hubungan antara dunia perguruan tinggi dengan dunia kerja, khususnya di bidang port, shipping, maritim dan bisnis maritim semakin baik.

Nugroho mengatakan, kerjasama antar perguruan tinggi seperti ini sudah banyak dilakukan STIAMAK. Setidaknya sudah dengan 12 perguruan tinggi lainnya, termasuk di antaranya dengan perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi luar negeri.

Dalam penandatanganan perjanjian kerjasama dengan STIMARYO ini disertai dengan Seminar Nasional bertajuk “Smart Port, Smart City dan Smart Student”. Seminar yang menghadirkan narasumber di antaranya Senior Manager PT Pelindo III Edi Priyanto ini diikuti sekitar 400 mahasiswa STIAMAK dan STIMARYO.

Nugroho mengatakan, seminar ini salah satu dari tindak lanjut MoU tersebut. “Kami meningkatkan kompetensi SDM khususnya di bidang maritim dan bisnis dan networking di antara institusi pendidikan tinggi,” kata Nugroho.

Dan hal ini mendapat respon positif, yang memang ingin siap dalam menghadapi era digital, karena SDM kemaritiman dirasa sangat spesifik. Bahkan, diharapkan kedepan kerjasama ini akan lebih kedalam lagi, semisal pertukaran dosen atau mahasiswa.

Edi Priyanto sendiri menilai seminar yang telah digelar STIAMAK terkait kerjasamanya dengan STIMARYO ini sangat bagus, terlebih tentang digitalisasi, yang mau tidak mau harus dihadapi generasi millenial ini.

Menurutnya, generasi millenial ini harus adaptip terhadap perubahan. “Seminar ini sangat bagus karena kesiapan mereka, jadi tidak hanya terpaku pada teknis akademisi, karena yang terpenting adalah bagaimana bisa mengupdate kondisi perkembangan,” kata Edi. (Ganefo)

Teks Foto: Penandatangan MoU antara STIAMAK Barunawati Surabaya dengan Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta sebelum Seminar Nasional di Gedung Barunawati Surabaya, Selasa (12/11/2019).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *