Sepanjang Rel Stasiun Pasar Turi – Tandes Kini Bersih Sampah

  • Whatsapp
Sampah sepanjang rel dari Stasiun Pasar Turi sampai Stasiun Tandes saat kerja bakti, Minggu (19/1/2020)

SURABAYA, beritalima.com | Mendukung Program Pemerintah Kota Surabaya menciptakan lingkungan yang bersih dan asri, PT KAI Daop 8 Surabaya bersama Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan masyarakat sekitar jalur rel melakukan kerja bakti bersih – bersih di sepanjang jalur rel antara Stasiun Surabaya Pasar Turi sampai Stasiun Tandes.

Kerja bakti di hari Minggu (19/1/2020) ini diikuti sekitar 150 orang, dari pagi sampai siang hari. Mereka mengambili sampah-sampah dan barang-barang yang tidak berguna yang ada di sepanjang rel sekitar 5 km.

Guna mendukung kelancaran kegiatan ini, dioperasionalkan perjalanan KA barang yang terdiri 5 gerbong jenis GD (Gerbong Datar), khusus untuk pengangkut sampah hasil dari operasi bersih tersebut.

Suasana kebersamaan dan kekompakan di antara stakeholders tampak terjalin dengan baik dalam mewujudkan pintu masuk Kota Surabaya melalui jalur rel arah utara ini, menjadi bersih dan asri, sehingga akan memberikan kesan pertama yang baik bagi para pendatang ke Kota Surabaya.

Terdapat 7 kelurahan yang wilayahnya berada di sekitar jalur rel antara Pasar Turi – Tandes. Diharapkan dengan komitment kebersamaan ini bisa mewujudkan wilayah jalur rel dari Pasar Turi – Tandes menjadi bersih dan asri.

Selain kegiatan kerja bhakti, dilakukan pula acara sosialisasi mengenai larangan membuang sampah, menanam pohon tinggi, dan mendirikan bangunan di sekitar jalur rel. Karena, selain membahayakan bagi perjalanan kereta api dan masyarakat, tindakan tersebut telah melanggar peraturan dalam UU No.23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian, yang dalam pasal 178 dan 181 disebutkan ancaman sanksi hukum sesuai UU No.23 tahun 2007 pasal 192 dan 199.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Dishub Kota Surabaya dan masyarakat di 7 Kelurahan yang berada di sekitar jalur rel yang telah membantu kegiatan bersih-bersih kali ini. Semoga kedepannya masyarakat bisa lebih peduli akan kebersihan dan keindahan Kota Surabaya ini pada umumnya, dan kebersihan di jalur rel pada khususnya,” ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, di sela kegiatan ini.

Disebutkan, kegiatan bersih-bersih yang dimulai dari pukul 07.00 ini berakhir hingga pukul 14.30. “Kegiatan ini berjalan lancar dan aman, dan hasilnya sekitar sepanjang rel dari Stasiun Pasar Turi sampai Stasiun Tandes sekarang sudah terlihat bersih dan nyaman,” pungkasnya. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *