Sergai Layak  Dijadikan  Daerah Pengembangan Agro Wisata

  • Whatsapp

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman tengah memberikan cenderamata pada para alumni PF USU angkatan 1974/75 disela-sela diskusi  pada acara temu kangen di Theme Park Resort Pantai Cermin, Sabtu (18/2) malam.


Serdang Bedagai, Beritalima.com– Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama alumni Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara ( FP USU ) Medan Angkatan 1974-1975 mengelar temu kangen alumni di Theme Park Resort Pantai Cermin, Sabtu (18/2) malam.

Pertemuan tersebut  berlangsung penuh keakraban. Selain para alumni FP USU hadir juga  Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan, AP dan sejumlah petani lokal yang ikut untuk diberikan pencerahan serta pengetahuan oleh para ahli pertanian dari para alumni.

Pada malam temu kangen tersebut dirangkai menjadi forum diskusi dengan topik penggunaan pupuk organik, hingga menyoal berbagai permasalahan yang dialami para petani, khususnya di wilayah Sergai.

Diskusi malam itu berlanjut hingga, Minggu (19/2) pagi. Bupati Soekirman dengan sigap mendatangkankan bus milik Pemkab Sergai, guna mengangkut para alumni, san semua merupakan teman kuliah  yang kompak dengan mengenakan kaos biru langsung turun ke tengah masyarakat.

Rombongan menuju ke areal pertanian yang ada di berbagai pelosok yang ada di Kecamatan Pantai Cermin dan Perbaungan. Menurut Bupati Soekirman, pertanian tak semata padi dan sayur mayur saja, akan tetapi juga bisa dikembangkan untuk varietas lainnya,  seperti durian, mangga, rambutan. Sedangkan pertanian yang dikembangkan termasuk jambu air, jeruk lemon, alpokat, kelapa pandan wangi serta Klengkeng,” ujar Bupati Soekirman.

Di areal pertanian tersebut, Bupati Sergai menjelaskan bahwa pengembangan pertanian ini tak hanya mengejar produksi varietas tertentu, akan tetapi dengan berbagai macam  jenis tanaman perkebunan lainnya sehingga Sergai layak untuk dijadikan  daerah pengembangan agro wisata,” ungkapnya.

Dalam lawatan tersebut, para rombongan juga meninjau areal pertanian milik Herman alias Amin di Dusun IV Desa Pantai Cermin Kiri. Amin didampingi Sadikin yang dipercaya untuk merawat berbagai jenis tanaman tersebut mengaku, varietas Jambu Air yang saat ini tengah digelutinya cukup memberikan hasil yang menggembirakan.

“Berbagai jenis tanaman disini, menggunakan pupuk organik seperti pupuk dari kotoran hewan. Hasilnya lumayan banyak dibanding menggunakan pupuk kimia. Muda-mudahan setelah dikunjungi Bupati Sergai, tanaman kami menjadi tujuan agro wisata nantinya,” ucap Amin.(siti/sug)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *