Sering Merasakan Sakit di Bagian Pinggang Belakang, Apakah Pertanda Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu

  • Whatsapp

beritalima.com – Tak sedikit dari para calon ibu yang bertanya-tanya tentang, pinggang belakang sakit tanda hamil? Menurut para dokter kandungan, kondisi tersebut bisa jadi merupakan tanda kehamilan di trimester pertama, atau juga hanya terjadi menstruasi seperti biasa saja. Terlebih bagi wanita yang memiliki sirkulasi haid tidak teratur, dimana masa awal kehamilan memang sulit terdeteksi. Ketika kita menyadarinya, mungkin anda akan menyangka bahwa anda sedang hamil. Pada masa awal kehamilan, tentunya ada banyak hal yang harus anda hindari. Ya, salah satunya seperti kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol, serta ada pula beberapa hal yang menyangkut dengan pola makan khusus ibu hamil. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan pada gejala kehamilan awal, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.

Sejak kapankah Gejala Awal Kehamilan Itu Dimulai?

Bagi para pasangan suami istri yang tengah bersemangat untuk mendapatkan keturunan, tentunya tes kehamilan tidak bisa dilakukan terlalu dini. Apabila kita mengetahui gejala atau ciri dari awal kehamilan secara rinci, maka bisa jadi akan menjadi suatu petunjuk. Adapun mengenai waktu dan kondisi pada gejala awal kehamilan seperti di bawah ini :

Gejala Kehamilan Semester Awal Sering Gagal Paham

Gejala kehamilan di trimester pertama, dengan diproduksinya salah satu hormone khusus wanita bernama progesterone, maka akan muncul gejala yang berupa rasa kantuk dan agak sedikit demam. Tak hanya itu, pada tanggal perkiraan menstruasi terkadang muncul bercak darah atau flek darah. Dikarenakan kondisinya hampir mirip dengan menstruasi, maka tak heran jika hal tersebut membuat kita kebingungan dalam membedakan antara menstruasi dengan flu. Pada periode ini, bayi yang ada dalam kandungan masih berbentuk seperti ikan, yang nantinya akan berubah bentuk seperti manusia sampai dengan masa kehamilan 7 minggu.

Pada periode ini juga akan terjadi pembentukan bagian tubuh inti yang memiliki peran penting, sehingga ibu hamil harus berhati-hati agar tidak mudah minum obat. Adapun mengenai perbedaan dalam hal gejala awal kehamilan pada masing-masing ibu hamil, sehingga tidak dapat disamaratakan. Dengan kata lain, periode ini adalah masa dimana anda harus mempersiapkan baik secara firik maupun mental untuk menghadapi perubahan tubuh dan menyambut kelahiran bayi.

Seperti Apakah Perbedaan Periode Dini Kehamilan Dengan Periode Awal Kehamilan?

Periode dini kehamilan itu akan merujuk pada periode antara minggu 0 hingga minggu ke 4, yang terjadi di periode awal kehamilan. Mengenai cara menghitungnya, yakni dengan hari permulaan menstruasi terakhir dihitung sebagai hari 0 minggu 0. Maka dari itu, tanggal perkiraan menstruasi berikutnya sudah pasti akan terjadi pada minggu ke 4. Dikarenakan waktu ini sudah dianggap menstruasi telat, maka sebagian besar dari wanita mulai menyadari bahwa mereka sedang hamil.

Lain halnya dengan periode dini kehamilan, yang merujuk pada wakti tidak munculnya mentruasi di hari yang diperkirakan. Alhasil, gejala yang muncul pada masa ini pun sering disebut dengan nama “Gejala Periode Dini kehamilan”. Memasuki minggu ke 3, maka anda akan mulai merasakan gejala periode dini kehamilan yang cepat, yakni pada kehamilan sekitar minggu ke 4. Pada periode ini, biasanya masih belum bisa dilakukan tes kehamilan. Alat tespek itu sendiri baru bisa digunakan seminggu sesudah tanggal perkiraan menstruasi. Pada periode kehamilan dini, sebelum timbul reaksi positif dari alat tespek sehingga banyak yang menganggap bahwa gejalanya sangat mirip dengan menstruasi.

Gejala Kehamilan Awal Yang Harus Anda Perhatikan :

  1. Sakit Pinggang

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa rasa sakit di bagian pinggang itu merupakan salah satu tanda kehamilan di trimester pertama. Rasa sakit pinggan ini disebabkan karena adanya peningkatan hormone relaksin dalam tubuh, sehingga membuat sendi-sendi menjadi longgar.

  1. Kram Pada Perut Bagian Bawah (Panggul)

Selain adanya rasa sakit pada bagian pinggang belakang, kehamilan trimester pertama juga akan ditandai dengan adanya kram pada perut bagian bawah. Tak hanya itu, kondisi ini juga akan diikuti dengan munculnya pendarahan (bisa jadi karena keguguran). Apabila terjadi pendarahan, maka segera periksakan diri anda ke dokter kandungan terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Perubahan Selera Makan & Penciuman Lebih Sensitif

Tanda-tanda berikutnya dari kehamilan trimester pertama, yakni adanya perubahan selera makan serta indera penciuman menjadi lebih sensitive. Dalam hal ini, anda akan merasa mual saat mencium aroma yang tajam seperti parfum, masakan, dan lain sebagainya.

  1. Peningkatan Produksi Air Liur dan Ingus

Pada trimester kehamilan pertama, keseimbangan hormone dalam tubuh telah terjadi perubahan yang signifikan, sehingga terjadi peningkatan produksi air liur dan ingus.

  1. Tubuh Yang Lelah dan Seing Mengantuk
  2. Pembesaran Pada Ukuran Payudara Yang Disertai Dengan Rasa Gatal-gatal
  3. Pembengkakkan Pada Kaki
  4. Pendarahan Implantasi
  5. Sakit di Bagian Kepala
  6. Sering Buang Air Kecil

Itulah beberapa gejala dari kehamilan trimester pertama, yang tentu saja harus anda perhatikan.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *