Setelah 15 Tahun Kecelakaan, Mantan Pramugari Ambil JHT di Surabaya Karimunjawa

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa, Kamis (14/3/2019), kedatangan mantan pramugari Lion Air yang mengalami kecelakaan pesawat di Bandara Adi Soemarmo Solo pada 30 Nopember 2004. Namanya Laura Lazarus.

Kecelakaan kerja yang dialami Laura pada 15 tahun silam itu memaksa gadis yang kini umur 33 tahun ini untuk menjalani operasi sampai 19 kali. Tentu ini membutuhkan biaya yang sangat banyak. Namun demikian, bagi Laura, kecelakaan itu justru jadi penopang dari semangatnya yang tak terpatahkan.

Maksud kedatangan Laura Lazarus di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa adalah untuk mengambil dana Jaminan Hari Tua (JHT) miliknya. Ini setelah ia mendapat petunjuk dari karyawan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa bernama Dian Wahyu Pratama.

Dian mencoba menghubungi Laura setelah melihat mantan pramugari cantik ini tampil di acara talk show di sebuah teve swasta. Di talk show itu Laura jadi narasumber yang diminta menceritakan peristiwa yang tak mudah dilupakan ketika kecelakaan pesawat Lion Air JT 538 dan menyebabkan korban tewas 34 orang itu.

Dari komunikasinya dengan Dian itulah Laura datang di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa. Di sini Laura mendapat penjelasan detail mengenai manfaat jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, sehingga ia berniat mengambil dana JHT di Cabang Surabaya Karimunjawa.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa, Suharto, menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum yang menyelenggarakan 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan, yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).

Dari keempat program tersebut, lanjut Suharto, banyak sekali manfaat yang didapat peserta. Diantaranya, dana JHT bisa diambil untuk menjamin masa tua peserta, bila mengalami kecelakaan kerja berapapun bea pengobatannya ditanggung penuh BPJS Ketenagakerjaan, dan jika peserta meninggal dunia ahli warisnya mendapat santunan.

Laura yang semula belum begitu tahu program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan akhirnya menjadi lebih paham tentang BPJS Ktyetenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan ternyata banyak sekali manfaatnya untuk peserta. Dana JHT saya yang dari tahun 2004 ternyata masih ada ditambah dengan pengembangannya,” ujar Laura dengan nada gembira.

“Semoga BPJS Ketenagakerjaan lebih dapat memberikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada seluruh pekerja Indonesia,” ucapnya. “Mari yang belum menjadi peserta segera daftar,” imbaunya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa dalam kesempatan ini juga menyampaikan imbauan pada perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan untuk segera daftar. Ini wajib dilakukan, agar pekerja bisa bekerja aman dan terlindungi. (Ganefo)

Teks Foto: Mantan pramugari Lion Air, Laura Lazarus (baju putih), saat mengambil JHT di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa, Kamis (14/3/2019).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *