Siapkan Pensiunan PNS Jadi Wirausaha

  • Whatsapp
Walikota Tarakan (Sofian Raga)

TARAKAN – BERITA LIMA – KALTARA

Pemerintah Tarakan terus berupaya memperhatikan kesejahteraan pegawai negeri sipil (PNS). Tidak hanya saat mengabdi, antisipasi ketika pensiun juga dilakukan dari sekarang.
Karena itu, pemerintah Tarakan kini memfasilitasi aparaturnya melalui kerja sama dengan Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) untuk berkarya. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di kantor BTPN Tarakan.
Wali Kota Tarakan Sofian Raga mengungkapkan, melalui kerja sama ini akan dilakukan pelatihan dan pembinaan mental bagi pegawai yang memasuki purna tugas. “Harapan kita langkah ini segera ditindaklanjuti dan direalisasikan, karena dalam perjanjian juga ada kegiatan pelatihan wirausaha kepada para PNS yang memasuki masa pensiun. Sehingga mereka bisa tetap berkarya,” ujarnya.
Selain memberikan pelatihan, juga akan diberikan modal. Karena itu, dengan wirausaha, pensiunan tetap bisa meningkatkan ekonomi keluarga karena mendapatkan materi dari usaha yang digelutinya,.
Diungkapkan, setiap tahunnya ada 15 sampai 20 PNS yang purna tugas. “Sebelum pensiun kita persiapkan mentalnya, termasuk mendidik menjadi wirausaha,” ungkapnya.
Leader Area Jakarta, Kalimantan Barat, Timur, dan Utara BTPN, Piter Siregar, mengungkapkan program ini sangat baik bagi PNS yang masuk masa purna tugas karena memberikan kesempatan untuk berwirausaha. Selain itu, pihaknya pun menyiapkan modal untuk buka usaha.
“Untuk permodalan bermacam macam yang bisa kita berikan mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 300 juta. Kalau untuk persyaratan sama dengan perbankan lainya, terutama SK PNS-nya,” singkatnya. (****)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *